Peran Produk Olahan Sabut Kelapa Secara Sederhana

0
94
Peran Produk Olahan Sabut Kelapa

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang peran produk olahan sabut kelapa secara sederhana.

Sederhananya peran produk olahan kelapa kelapa

Sabut kelapa sering dibuang di perkebunan kelapa tanpa diolah untuk menghasilkan hasil yang bermanfaat. Di era industrialisasi, ternyata sabut kelapa memiliki banyak keunggulan, hanya perlu diolah terlebih dahulu.

Serat sabut (coir fiber) adalah produk yang terbuat dari hasil pemisahan serat sabut (epicarp dan mesocarp). Sabut kelapa merupakan hasil samping dari pengolahan kopra, minyak kelapa, dan perdagangan kelapa untuk konsumsi rumah tangga.

Hasil samping dari pengolahan serat sabut adalah denu-sabut (gabus), yang dapat diolah menjadi kompos, chipboard (hardboard), dan coco peat. Serat inilah yang dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furnitur, pot, geotekstil, dan matras.

Selain itu juga sabut kelapa juga bisa dijadikan bisnis jual cocomesh.Pasar ekspor dan domestik menyerap produk dalam jumlah besar. Sebelum terjun ke bisnis sabut kelapa, Anda membutuhkan seorang praktisi pengolahan sabut kelapa.

Sabut kelapa akan memberikan manfaat jika digunakan secara optimal, banyak pengusaha yang telah membuktikan manfaat mengolah sabut kelapa menjadi komoditas yang bermanfaa

Pengolahan kelapa-kelapa

Pada tahap persiapan, seluruh sabut kelapa dipotong memanjang menjadi sekitar lima bagian, kemudian bagian yang keras dipotong. Sabut tersebut kemudian direndam selama 3 hari agar bagian gabusnya membusuk dan mudah lepas dari seratnya, lalu disajikan.

Pelembutan sabut secara tradisional dilakukan secara manual dengan memukul sabut dengan palu untuk lebih memecah sabut. Pada fase ini dihasilkan produk samping berupa butiran gabus.

Saat ini, sabut kelapa dilunakkan dengan hammer mill.Sabut kelapa dimasukkan ke dalam mesin pencacah serat untuk memisahkan serat dari gabus.

Komponen utama dari mesin pemisah serat adalah silinder yang permukaannya diisi dengan gigi logam yang berputar untuk memukul dan mengikis sabut kelapa, memisahkan bagian-bagian serat. Butiran gabus diproduksi sebagai produk sampingan dalam fase ini.

Bagian serat yang dipisahkan dari gabus dimasukkan ke dalam mesin sortasi untuk memisahkan bagian serat halus dan kasar. Mesin sortir atau ayakan (non-return screen) berbentuk saringan berbentuk kerucut yang berputar.

Butiran gabus juga disortir dan diayak secara manual dengan ayakan, sehingga menghasilkan butiran gabus yang halus.

Pembersihan dilakukan untuk memisahkan bagian gabus yang masih menempel dengan bagian serat halus yang telah lepas dari bagian serat kasar. Fase ini dilakukan secara manual.

Bergantung pada derajat pengeringan serat dan butiran gabus, pengeringan dilakukan dengan cara dijemur atau menggunakan pengering.

Sabut yang bersih dan kering kemudian dikemas dengan mesin press. Ukuran kemasan 90x110x45 cm. Secara tradisional, pemadatan serat dilakukan secara manual dengan cara diinjak, sehingga bobotnya hanya sekitar 40kg per bungkus.

Dengan menggunakan mesin press, berat setiap kemasan mencapai sekitar 100kg. Untuk tepung kelapa, wadah pengepakan terbuat dari karung dan setiap bungkusnya sekitar 100kg.

Kelapa-Kelapa

Sebagai negara kepulauan di daerah tropis dan dengan kondisi agroklimat yang menguntungkan, Indonesia merupakan negara penghasil kelapa utama di dunia.

Pada tahun 2000, luas perkebunan kelapa di Indonesia mencapai 3,76 juta hektar dengan perkiraan total produksi 14 miliar kelapa, sebagian besar (95 persen) di antaranya adalah perkebunan rakyat. Kelapa memiliki nilai dan peran penting, baik secara ekonomi maupun sosial budaya.

Sabut kelapa adalah produk sampingan dan merupakan bagian utama dari buah kelapa, yang menyumbang sekitar 35% dari berat buah kelapa.

Nah itulah Peran Produk Olahan Sabut Kelapa secara sederhana.Cocomesh sabut kelapa bisa dijadikan kerajinan dan peluang bisnis seperti jual cocomesh. Karena memang banyak orang juga belum mengetahui tentang cocomesh sabut kelapa.