Berikut Ini Peluang Bisnis Sabut Kelapa Untuk Pemula

0
58
peluang bisnis sabut kelapa

Haloo kawan-kawan semua, kali ini saya akan menjelaskan tentang peluang bisnis sabut kelapa, meliputi pengertian sabut kelapa, peluang bisnis sabut kelapa, dan beberapa kerajinan sabut kelapa. Semoga anda paham apa yang saya jelaskan kali ini. Selamat membaca…

Sabut Kelapa

Sabut Kelapa adalah serat kasar dari sabut kelapa tua. Biasanya, serabut kelapa ini umumnya disebut sebagai sampah yang hanya ditumpuk di bawah kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk sendiri. Isi dari serabut kelapa ini mengandung sekitar 44% selulosa, sekitar 5% air, sekitar 3% pektin dan sekitar 44% lignin.

Serat-serat pada sabut yang tebal ini juga dapat menghasilkan produk yang dapat dibuat dari sabut. Nilai elongasi sebenarnya lebih tinggi dari serat tumbuhan lainnya. Selain itu, paduan suara ini tahan terhadap pengaruh segala cuaca sehingga dapat ditempatkan di luar rumah.

Baca juga : Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Peluang Usaha Sabut Kelapa

Potensi sabut ini bisa disebut sangat besar, namun di negara kita limbah ini belum dimanfaatkan dengan baik padahal sabut ini memiliki nilai tambah yang sangat tinggi. Dalam perdagangan internasional sendiri santan dapat diolah dengan berbagai macam serat seperti serat sabut kelapa, serat sabut kelapa dan lain-lain.

Produk paduan suara ini adalah produk yang bisa dijual dengan harga tinggi. Sedangkan di negara kita, serat dari sabut kelapa hanya digunakan untuk membuat sapi, tali dan alat sederhana lainnya.

Padahal, dengan teknologi, kita bisa memanfaatkan sifat fisik dan kimia dari serat tersebut. Selain itu, paduan kelapa dapat digunakan sebagai bahan utama untuk pelapis industri, bantal, kasur, dan lainnya. Serat yang bertekstur kasar ternyata bisa digunakan untuk mengendalikan erosi.

Meski tergolong serat yang mengandung limbah, ternyata bisa memiliki beragam manfaat agar bisa menghasilkan peluang yang baik bagi Anda untuk menjadi pengusaha kelapa.

Tidak hanya untuk pabrik tekstil, tetapi juga untuk pabrik pertanian perlu menggunakan sabut kelapa sebagai pupuk organik karena pupuk berbahan dasar sabut kelapa ini dapat menghemat air sekitar 65% dibandingkan dengan menggunakan pupuk biasa, air yang dihemat hanya sedikit.

Pupuk juga dibutuhkan untuk daerah yang curah hujannya lebih sedikit. Selain itu kandungan mineral dalam sabut ini cukup tinggi sehingga tanaman dapat tumbuh walaupun ditanam di daerah yang kekurangan air.

Di industi bahan bakar ternyata juga membutuhkan sabut kelapa yang dijadikan briket karena lebih murah dibandingkan bahan bakar lainnya. Jadi sekarang banyak industri-industri membutuhkan sabut kelapa jika ingin menjadikannya sebagai pengusaha sabut kelapa.

Berikut Beberapa Kerajinan Sabut Kelapa

Tali Tambang

Kerajinan tali tambang merupakan kerajinan sabut kelapa yang cukup mudah untuk dibuat, bahkan juga termasuk untuk pemula. Pada umumnya diameter dari tali tambang ini bervariasi tergantung pada ketebalannya.

Lilitan tali ini disebut ply dan yang paling umum yang sering beredar di pasaran biasanya sekitar 2-3 ply. Ada juga lebih dari 3 lapisan dan biasanya digunakan untuk pekerjaan berat untuk mengangkat barang.

Briket Unik dari Sabuk Kelapa

Pekerja menutup briket yang sedang dalam proses penjemuran menggunakan plastik di industri briket rumahan “Merapi Perkasa”, Pondokrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, Senin (5/1). Produksi briket berbahan baku arang batok kelapa yang biasa diekspor ke sejumlah negara di Eropa, Timur Tengah dan Amerika itu mengalami pembekakan biaya produksi hingga 100 persen menyusul tingginya intensitas hujan sehingga proses pembakaran briket membutuhkan waktu lebih lama. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/Rei/ama/15.

Ketika mendengar kata briket, mungkin yang pertama adalah bahan mudah terbakar yang umumnya berasal dari batu bara atau tempurung kelapa. Di zaman modern ini, sudah ada briket yang terbuat dari sabut kelapa.

Briket merupakan salah satu kerajinan dari sabut kelapa yang lebih ramah lingkungan dan memiliki biaya produksi yang lebih terjangkau. Alasan mengapa dibuat menjadi briket karena sabut kelapa memiliki unsur karbon.

Jok Mobil

Contoh produk kerajinan dari sabut kelapa adalah jok mobil dan hal ini masih jarang dipahami oleh masyarakat. Meski industri otomotif adalah merek ternama seperti Mercedes Benz, pada beberapa mobil keluarannya menggunakan jok berbahan sabut kelapa.

Penggunaan sabut kelapa sebagai tempat duduk ditunjang dengan fleksibilitas. Selain itu, juga memiliki daya tahan yang baik dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Batubara kelapa juga dianggap memiliki polusi yang rendah.

Baca juga : Beberapa Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Aneka Produk

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat tentang peluang bisnis sabut kelapa bermanfaat dan berguna untuk anda serta menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)