Beberapa Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Aneka Produk

0
53
mengolah sabut kelapa

 Seluruh bagian pohon kelapa dapat bermanfaat bagi manusia, mulai dari akar, batang, daun kelapa, dan buah kelapa. Dan santan juga memiliki khasiatnya. Untuk apa dan bagaimana prosesnya?

Sabut Kelapa

Kelapa sering dibuang di areal perkebunan kelapa tanpa diolah untuk menghasilkan hasil yang bermanfaat. Di era industrialisasi, ternyata sabut kelapa memiliki banyak manfaat, sehingga harus diolah terlebih dahulu.

Coco fiber atau sering dikenal sebagai serat sabut kelapa adalah produk yang dibuat dari hasil pemisahan serat sabut kelapa (epicarp dan mesocarp). Coco fiber ini merupakan hasil samping dari pengolahan kopra, perdagangan kelapa dan minyyak kelapa untuk konsumsi rumah tangga.

Serat kelapa merupakan hasil samping atau limbah dari kelapa yang juga merupakan hasil sampingnya pengolahannya yang dapat diolah menjadi kompos, papan partikel (hardboard), dan cocopeat. Serat ini ternyata banyak dicari untuk dijadikan sebagai bahan baku furniture, pot, jok mobil, goetekstil dan matras.

Pasar-pasar domestik dan pasae ekspor ternyata menyerap produk dalam jumlah besar. Sebelum memasuki bisnis sabut kelapa harus diolah terlebih dahulu untuk mengolah sabut kelapa. Kelapa bila dimanfaatkan secara optimal akan memberikan manfaat, banyak pengusaha yang membuktikan bahwa manfaat mengolah sabut kelapa menjadi komoditas yang bermanfaat.

Cara Mengolah Sabut Kelapa

Pertama-tama potonglah sabut kelapa memanjang hingga lima potong, kemudian pucuk yang keras dipotong. Kemuudian rendam saburr kelapa kira-kira 3 hari agar menghasilkan gabus dan mudah lepas dari seratnya, kemudian disajikan.

Pelunakan sabut kelapa bisa dilakukan dengan cara manual dengan cara mengasah sabut dengan palu sehingga sabut menjadi busuk. Pada tahap ini dihasilkan produk samping berupa butiran gabus. Jika anda menggunakan mesin, pelunakan pelunakan sabut kelapa bisa anda lakukan dengan menggunakan hammer mill.

Sabut kelapa ditempatkan dalam mesin penghilang serat untuk memisahkan bagian serat dari gabus. Komponen utama mesin pemisah serat adalah silinder yang permukaannya diisi dengan gigi logam yang berputar untuk menggiling dan menggores serat sehingga bagian-bagian serat terpisah. Pada tahap ini, butiran gabus diproduksi sebagai produk sampingan.

Hasil pemisahan dengan gabus kemudian anda tempatkan pada mesin sortasi untuk memisahkan bagian serat yang lunak dan kasar. Mesin sortasi atau ayakan (screen refaulting) adalah filter berbentuk kerucut yang berputar. Pengayakan atau penyoiran bisa anda lakukan pada butiran gabus dengan menggunakan saringan yang dibuat secara manual, sehingga dihasilkan butiran gabus yang halus.

Kemudian akan menghasilkan bagian gabus yang masih terpasang pada sisi serat baik yang terpisah dari bagian serat akan terpisah. Tahap ini dilakukan secara manual. Proses pengeringan tergantung terhadap pada tingkat kekeringan serat dan butiran dengan menggunakan pengering.

Setelah sabur kelapa sudah bersih lau sabur kelapa tersebut dikemas dengan alat press. Ukuran paket 90 x 110 x 45 cm. Anda bisa menggunakan cara tradisional dengan cara menginjak-ijak serat sehingga menghasilkan berat per bungkus kurang lebih 40 kg. Menggunakan mesin press berat setiap kemasan sekitar 100 kg. Untuk serbuk sabut, wadah pengepakan adalah karung, dan setiap bungkus berisi sekitar 100 kg.

Baca juga : Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Manfaat Sabut Kelapa

  1. Untuk menetralkan bau semen. 
  2. Sebagai pupuk organik.
  3. Dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan brike.
  4. Sebagai bahan kerajinan dasar.
  5. Juga bisa menjadi sebagai ketahanan terhadap erosi di tebing.
  6. Pembuatan sapu ijuk.
  7. Sebagai kertas pengganti media pembakaran.
  8. Juga bisa menjadi bahan pembuatan coco net.
  9. Sebagai bahan baku jok, selimut dan spring bed.
  10. Yang terakhit juga bisa menjadi bahan pembuatan keset.

Baca juga : Resep Lepet Jagung Manis yang Enak dan Mudah Dicoba Untuk Pemula

Demikian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat tentang mengolah sabut kelapa bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)