Membuat Minyak Atsiri Sendiri

0
22

Haloo sobat sobat, kembali lagi dengan saya, nah disini saya akan membagikan sebuah artikel tentang cara membuat minyak atsiri sendiri, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak atsiri sendiri, artikel ini sangat pas jika kalian ingin membuatnya.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah sebuah essensi dari tanaman yang dibawa kerumah untuk membawa kekuatan yang dimiliki alam ke sebuah minyak. Bersembunyi di balik akar, biji, daun, dan bunga terdapat senyawa kimia yang kuat dan terkonsentrasi pada sebuah tanaman. Senyawa alami tersebut adalah minyak atsiri.

Minyak atsiri memberi aroma pada tanaman, melindunginya dari pengaruh lingkungan yang berbahaya dan bahkan membantu penyerbukan, di antara fungsi dan manfaat penting lainnya.

Cara Menggunakan Minyak Atsiri

membuat minyak atsiri sendiri

Untuk mendapatkan khasiatnya kita bisa menggunakan minyak ini dengan menggunakan 2 buah cara :

Menghirup

Menghirup minyak atsiri bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dihirup secara langsung atau tidak langsung. Jika ingin menghirupnya secara langsung, Anda bisa membuat inhaler sendiri dengan meneteskan essential oil secukupnya di atas air panas lalu menghirup aromanya.

Jika Anda ingin menghirupnya secara tidak langsung, Anda bisa menggunakan diffuser. Diffuser digunakan untuk menyebarkan minyak atsiri ke udara dengan menjadikannya sebagai uap.

Oleskan ke tubuh

Minyak atsiri sangat mudah diserap oleh kulit pada tubuh sehingga, minyak atsiri bisa digunakan juga pada proses memijat tubuh dan dicampur dengan lotion.

Untuk menikmatinya, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan layanan aromaterapi, seperti salon kecantikan, tempat pijat, dan spa.

Anda juga bisa menikmatinya sendiri di rumah dengan membeli essential oil yang dijual bebas. Namun, agar aman, campur minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak kedelai untuk menghindari iritasi kulit.

Hal Yang Perlu Ditinjau Ketika Menggunakan Minyak Atsiri

Sebenarnya minyak atsiri telah melalui proses pemurnian dan sudah terdafar pada BPOM RI dan sudah aman untuk digunakan secara berkala. Namun, jika Anda memiliki riwayat alergi, eksim, atau kulit sensitif, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk keamanan.

Juga, ikuti petunjuk untuk menggunakan minyak esensial dengan benar. Hindari menggunakannya di sekitar mata atau mulut untuk menghindari iritasi. Tidak dianjurkan juga menggunakan minyak atsiri ketika melakukan aktivitas yang berada dibawah terik matahari.

Membuat Minyak Atsiri Di Rumah Sendiri

Tentu bisa, minyak atsiri bisa dibuat sendiri di rumah, yang penting harus ada alat dan bahan destilasi, jadi berikut ini beberapa cara membuat minyak atsiri di rumah.

Minyak Atsiri Cengkeh

Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu:

Siapkan cengkeh, bisa bubuk atau utuh. Nah kalau kalian memakai cengkeh utuh, maka gunakan lah 5 atau 8 cengkeh untuk 30ml. Saat cengkeh digiling, sekitar 1-2 sdt untuk membuat 30 ml
Kemudian siapkan sebotol minyak zaitun extra virgin. Sekadar informasi, jumlah minyak zaitun yang utuh tergantung pada seberapa banyak minyak yang Anda inginkan, dan juga berfungsi sebagai minyak pembawa untuk mengekstrak sifat-sifat cengkeh itu sendiri.
Apakah Anda mencari kacamata hitam untuk menahan minyak, mengapa kaca gelap? Karena mencegah oli rusak atau kotor saat kaca kotor.
Pakailah saringan seperti saringan pada kopi untuk menyarik minyak.

Langkah Membuat Minyak Atsiri Cengkih:

Pertama masukan cengkeh utuh kedalam toples, nah jika kalian menggunakan cengkeh utuh maka kalian hanya membutuhkan sekitar 5 sampai 10 butir cengkeh sampai ke volume 30ml. Jika Anda menggunakan cengkeh giling, masukkan seperempat cangkir cengkeh ke dalam gelas bervolume 350 ml
Kemudian tuangkan minyak zaitun ke dalam gelas sampai melebihi cengkeh
Kemudian tutup dan kocok cengkehnya
Jika sudah, diamkan toples selama 10-14 hari
Terakhir, saring cengkeh jika Anda mau

Cara Membuat Minyak Atsiri Kayu Manis :

Pilih kayu manis yang ingin digunakan, Anda bisa menggunakan kayu manis utuh atau bubuk.
Dan juga mencari minyak pembawa seperti zaitun, almond, canola, kelapa dan sebagainya
Kemudian rendam kayu manis. Tapi bersihkan dulu kaca yang akan digunakan nanti
Jika ada, tambahkan batang kayu manis untuk toples 1 liter, jika kayu manis terlalu panjang, dapat dibagi menjadi dua bagian
Tuang carrier oil ke dalam toples sampai kayu manis terendam. Jika masih ada ruang, coba tambahkan minyak hingga mencapai ketinggian 1 cm di atas kayu manis.
Namun, jika Anda menggunakan bubuk kayu manis. masak bersama dengan carrier oil. Memakai 60 gr kayu manis untuk mendapatkan 60ml minyak. Jika sudah matang, biarkan dingin maksimal 10 menit
Setelah matang dan dingin, tuangkan minyak ke dalam gelas dan biarkan meresap.
Kemudian biarkan sari kayu manis terendam. Jika sudah, olesi minyak dengan kain saring.

Baiklah kawan sekian dari artikel yang dapat saya sampaikan yaitu Membuat Minyak Atsiri Sendiri, nah sesuai cara diatas kalian dapat membuat minyak atsiri sendiri.

Namun dengan syarat memiliki mesin destilasi, nah jika kalian tidak punya bisa membelinya dengan pilihan harga dan kualitas yang bagus yaa.