Bahan Untuk Membuat Briket

0
79

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang bahan untuk membuat briket . Penasaran ? simak sampai akhir ya …

membuat briket

Indonesia adalah negara teropis yag dikaruniai pohon kelapa yang sangat melimpah. Pohon kelapa sendiri memiliki banyak manfaat dan kegunaan, baik dari pohonnya hingga buahnya. Meskipun saat ini sudah banyak yang melakukan pengelolaan terhadap pohon kelapa namun terdapat beberapa potensi dari kelapa yang belum di optimalkan dan dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam pemanfaatan limbah kelapa. Sala satu peanfaatan limbah padat kelapa adalah dengan memanfaatkannya menjadi bahan bakar alternatif. Ssalah satu bentuk pemanfaatannya adalah briket arang. Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat menjadi bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan api. Berikut adalah cara dan bahan yang diperlukan untuk membuat briket tempurung kelapa:

Alat dan Bahan :

Tempurung Kelapa

Tepung Kanji

Air

Pipa paralon

Caa membuat :

Pegarangan

Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).

Pengayakan

Pengayakan dilakukan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbug gergaji dan tempurung kelapa diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70mesh.

Pencampuran media

Arang serbuk gergaji, tempurung kelapa dan lem kanji (campuran tepung kanji dan air) dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%. Pada saar pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata selanjutnya dimasukan kedalam cetakan briket dan dikempa. Jemur diterik sinar matahari smapai benar benar kering. Setelah benar-benar kering brket baru dapat digunakan.

Pembuatan biriket denagn tempurung kelapa terhitung mudah dan sederhana namun memiliki banyak manfaat. Briket arang memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dikemas dengan menarik dan selain itu briket tempurung kelapa ini memiliki paanas yang lebih tinggi, tidak berbagu dan memiliki aroma alami serta leboh tahan lama dibandinhkan dengan arang kayu. Selain itu briket juga memiliki kelebihan lain yaitu lebih tahan lama waktu simpannya dibandingkan dengan arang biasa. Selain itu penggunaan arang tenpurung kelapa ini membuat briket memiliki kalor pembakaran yang cukup tinggi dan juga asap yang lebih sedikit. 

Selain manfaat briket arang diatas, dengan kita memulai memanfaatkan tempurung kelapa sebagai bahan pembuatan briket arang kita dapat meningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara karena asap yang ditimbulkan dari pembakaran briket lebih sedikit dibandingkan dengan pembakaran menggunakan arang kayu. Selain itu penggunaan briket sebagai bahan bakar alternatif kita juga bisa menghemat pengguaan kayu sebagai hasil utama hutan sehingga kita dapat meminimalisis penebangan hutan dan ikut serta dalam usaha pelestarian lingkungan. 

Sampah selalu ada setiap harinya dan menjadi permasalahan bagi masyarakat terutama dikota besar. Sampah pun membludak dimana – mana sehingga menggangu pemandangan dan mencemari lingkungan. Untuk bisa mengurangi sampah organik ini maka perlu melakukan pengolahan atau penanganan. Penanganan yang tepat yaitu dengan mengolah sampah organik menjadi briket. Briket sampah efektif digunakan untuk bahan bakar kebutuhan sehari – hari, tentunya briket dari bahan sampah organik lebih hemat. Terdapat banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan memasak menggunakan briket sampah, terutama dalam hal cita rasa masakan. Menggunakan briket sampah organik membuat masakan lebih enak dan menghasilkan cita rasa khas dibandingkan dengan menggunakan kompor minyak. Cara membuat briket dari bahan sampah ini pun cukup mudah, simak caranya dibawah ini :

Bahan :

  • Sampah organik kering  seperti daun, ranting, sisa sampah dapur kering, tempurung kelapa, serbuk gergaji, dll
  • Perekat alami atau buatan yaitu tepung kanji

Alat :

  • Drum (untuk pembakaran)
  • Sekop
  • Wadah (baskom/panci)
  • Mesin pencetak briket
  • Anglo (cetakan briket)
  • Lesung (penumbuk)
  • Ember
  • Tongkat kayu(pengaduk)

Proses Membuat Briket Sampah Organik :

Pengarangan :

  1. Siapkan drum yang nantinya digunakan untuk proses pembakaran atau pengarangan sampah organik.
  2. Sampah organik seperti daun kering dicacah dahulu lalu dimasukkan ke dalam drum kemudian dibakar. Sampah selanjutnya dimasukkan dalam drum pembakaran sedikit demi sedikit supaya nyala api tidak padam.
  3. Jaga selalu agar proses pembakaran ini tidak ada udara yang keluar masuk dalam drum. Apabila udara bisa keluar masuk drum maka pembakaran ini tidak akan menghasilkan arang namun abu.
  4. Matikan api, jika proses pengarangan selesai.

Pembuatan briket sampah organik :

  1. Persiapkan penumbuk seperti lesung, lalu arang yang tersedia ini ditumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk arang. Bila sudah maka kumpulkan bubuk arang pada suatu tempat seperti ember.
  2. Persiapkan lem kanji serta encerkan dengan menggunakan air panas. Campurkan kanji dengan bubuk arang supaya menjadi adonan yang lengket. Bila sudah, adonan diaduk supaya tercampur rata dan menjadi adonan yang sedikit lengket.
  3. Persiapkan cetakan briket, cetakan briket bisa memanfaatkan pipa PVC, bambu  atau dengan mengepal bahan menggunakan tangan.
  4. Bila sudah cetak adonan dengan memasukannya dalam cetakan secara padat, bila sudah keluarkan dari cetakan.
  5. Jemur briket dibawah sinar matahari hingga kering.
  6. Briket dari bahan sampah pun siap digunakan.

Proses pembuatan briket dari bahan sampah organik ini memang mudah dan bisa dicoba dirumah. Mengolahan sampah menjadi bahan bakar menjadi salah satu alternative mengurangi sampah menumpuk disekitar kita. Dengan cara ini tentu akan lebih menghemat pengeluaran dan bisa mengurangi sampai, lingkungan bisa kembali bersih dari sampah.

Nah itu kurang lebih yang dapat saya sampaikan , Kurang lebihnya mohon maaf sampai bertemu di artikel artikel selanjutnya.