Manfaat Minyak Lemon dan Cara Hingga Efek Penggunaannya.

0
199
manfaat minyak lemon

Hallo Sobat semuanya!

Apa kabar nih? Semoga baik-baik saja ya!

Pada kesempatan kali ini, penulis kece mau membagikan sesuatu mengenai Manfaat dari Minyak Lemon. Lemon merupakan salah satu jenis buah citrus, yang cukup berpengaruh bagi kesehatan manusia. Nah, Lemon bisa diolah menjadi Minyak Atsiri dengan cara ekstrak bagian kulitnya.

Minyak Lemon ini merupakan salah satu jenis Minyak Atsiri yang juga memiliki beragam khasiat yang baik untuk kesehatan.

Nah, selain baik untuk kesehatan, Minyak Lemon ini juga bermanfaat untuk hal kecantikan, kemudian untuk kesehatan rambut, kulit, dan masih banyak lagi. Dan berikut ini,

15 Manfaat Minyak Lemon

Hasil gambar untuk minyak atsiri lemon

Menjaga Kesehatan Kulit.

Memiliki sifat antioksidan ternyata dapat membantu mengurangi kerusakan yang terjadi pada jaringan, yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu juga, Lemon juga dipercaya mempunyai sifat anti-penuaan dini yang dapat menbuat kulit kita kencang dan juga menjadi lebih awet muda.

Tetapi, sangat tidak disarankan untuk mengoleskan Minyak Atsiri Lemon ini ke kulit langsung, karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Untuk lebih detailnya akan dibahas pada bagian efek samping.

Meredakan Gangguan Pencernaan.

Bagi Sobat nih yang sering mengalami masalah sembelit atau sakit perut, dengan menggunakan Minyak Atsiri Lemon ternyata dapat membantu mengatasi lhoo.

Salah satu sebuah studi yang dilakukan pada sebuah hewan tahun 2019 menemukan bahwa Minyak Atsiri Lemon itu mengandung sebuah zat pelindung gastro terhadap perut lambung yang dapat mengurangi gejala gastritis pada hewan tikus.

Kemudian, pada studi lainnya menyebutkan bahwa minyak jenis ini berkerja lebih baik dalam mengatasi masalah sembelit yang terjadi pada kalangan orang tua, dibandingkan dengan jenis minyak atsiri lainnya.

Membantu Melindungi Organ Dalam

Minyak jenis ini dipercaya dapat melindungi organ dalam, seperti hati dan juga ginjal, yang terjadi akibat penggunaan obat aspirin. Salah satu obat antinyeri dan antipembekuan darah.

Pernyataan tersebut didukung oleh salah satu penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, yang mengujicobakan tikus dan Minyak Atsiri Lemon. Tikus yang menjadi hewan percobaan ini telah menderita kerusakan pada organ hati dan juga ginjal, akibat penggunaan aspirin dosis yang tinggi.

Setelah beberapa kali diberikan Minyak Atsiri Lemon, ternyata dapat mengurangi kadar oksidatif dan juga kerusakan yang terjadi pada kedua organ tersebut. Hal tersebut dikarenakan, didalam Minyak Atsiri Lemon mengandung antioksidan, yang dapat membantu menjebak radikal bebas untuk berhenti menyerang organ dalam.

Pembersih Wajah

Minyak Atsiri Lemon bisa digunakan untuk memperbaiki rona kulit dan juga dapat membuat terasa lebih lembut serta juga lentur. Selain itu juga, dianggap mampu menutrisi kulit. Dengan cara Sobat bisa mencampurkannya dengan baking soda dan madu, untuk melalukan pembersihan wajah, agar wajah bebas dari jerawat nakal.

Dapat Mengatasi Jerawat

Dua kandungan alami yang terdapat pada Minyak Lemon yaitu ada astringen atau nama lainnya pembersih dan juga antimikroba. Kedua kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi jerawat secara efektif. Kemudian, pada kandungan astringen berperan untuk membersihkan sel-sel kulit mati, kemudian membuka pori-pori yang tersumbah dan mencegah hiperpigmentasi dari jerawat.

Menenangkan Pikiran

Minyak ini berpotensi untuk merilekskan jiwa dan juga meredakan rasa yang cemas. Bahkan juga, dalam sebuah riset yang telah diujicobakan pada sebuah hewan, Minyak Lemon dilaporkan juga dapat mengurangi rasa stress dibandingkan dengan minyak atsiri jenis lavenser dan mawar. Inilah juga lho yang menyebabkan Minyak Atsiri Lemon itu sangat populer untuk dicampurkan dalam diffuser.

Memiliki Sifat Antijamur

Memiliki sifat antijamur, sehingga berpotensi juga untuk meredakan masalah jamur yang terjadi pada kulit. Menurut sebuah studi pada tahun 2017, Minyak Lemon tersebut aktif melawan infeksi pada jamur tertentu, termasuk juga kutu air ketika dioleskan.

Melegakan Pernapasan

Efek dari aroma yang khas dari Minyak Lemon dapat membantu melegakan pernapasan disaat Sobat sedang mengalami pilek, batuk, demam, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan lain-lainnya.

Memang memiliki aroma yang asam-asam dan juga manis yang tajam, mampu menenangkan pikiran dan juga otot-otot di tenggorokan Sobat. Memang belum ada penelitian klinis mengenai manfaat Minyak Lemon ini, namun dari kandungannya Vitamin C dipercaya berkerja sebagai antioksidan untuk melancarkan pernapasan.

Menyembuhkan Luka

Memiliki kandungan Vitamin C, efek antimikroba, antioksidan yang juga berperan untuk menyembuhkan jaringan luka yang lebih cepat, mencegah infeksi, dan juga dapat membersihkan kulit. Kemudian juga, sebagian orang bahkan menyimpan Minyak Lemon dalam kotak P3K.

Meredakan Sakit Tenggorokan

Manfaat Minyak Lemon yang ini dengan menghirup aroma dari minyak nya dapat menjadi cara alami untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Efek yang menenangkan dan aroma yang maning dari jenis minyak ini dapat merilekskan pikiran sekaligus juga berpotensi untuk menenangkan otot pada bagian tenggorokan.

Meredakan Gejala Moring Sickness

Morning Sickness itu merupakan gejala yang umum terjadi pada awal masa kehamilan, yang dimana ibu hamil merasa mual hingga muntah. Pada salah satu riset pada tahun 2014 yang dilakukan pada 100 ibu hamil, kemudian ibu hamil menggunakan Minyak Atsiri Lemon, dan mengaku lebih enakan dan rasa mual hingga muntah berkurang.

Menghilangkan Noda Membandel

Teteskan beberapa tetes Minyak Atsiri Lemon ke bagian noda atau juga bisa juga diatas kain, kemudian gosokkan pada zat lengket residu, seperti permen karet dan stiker untuk dihilangkan dari permukaan yang keras.

Dapat Meredakan Nyeri

Minyak Atsiri Lemon memiliki efek analgesik alami untuk membantu Sobat dalam meredakan rasa nyeri. Hal ini juga dikaitkan dengan efek anti-stress dan juga antidepresan yang memberikan tubuh respon untuk lebih tenang saat merasakan sakit ataupun nyeri.

Hal ini dilakukan percobaan pada tikus tahun 2014 dan menunjukan bahwa Minyak Atsiri Lemon itu dapat mengubah respon otak dan juga tubuh dalam menerima rangsangan yang cukup menyakitkan. Walaupun demikian, penelitian lanjutan ini masih dibutuhkan untuk membuktikan bahwa studi ini terhadapt manusia langsung

Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak Atsiri Lemon juga mengandung sebuah d-limonene, yaitu agen untuk melancarkan metabolisme dan juga membersihkan kelenjar limfatik yang dapat berpengaruh untuk menurunkan berat badan berlebihan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada seekor hewan tikus yang diberi lemon polifenol dengan ekstrak kulit lemon juga selama kurang lebih 12 minggu dan mengalami penurunan hiperlipedimia, hiperglikemia dan resistensi insulin yang kemudian berpengaruhlah pada penurunan berat badan. Walaupun begitu, studi yang dilakukan pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikannya.

Menjaga Kesehatan Oral

Kandungan atibakteri dan antijamur yang terdapat pada Minyak Atsiri Lemon berfungsi sebagai obat alami yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakir di mulut seperti bau mulut. Kemudian juga mencegah kerusakan gigi, serta dapat memutihkan gigi secara alami.

Kemudian sifat dari Minyak Atsiri Lemon tidak menyebabkan korosi asam yang terjadi pada gigi, seperti kandungan sitrus pada jus lemon bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup panjang

Cara Penggunaan

Hasil gambar untuk diffuser

Untuk penggunaan juga beragam, bisa dengan dioles, disemprot, atau juga menggunakan alat khusus yaitu difusser. Tapi ada beberapa tips juga nih bagi Sobat yang ingin menggunakan Minyak Atsiri Lemon, yaitu :

  • Campurkan Minyak Atsiri Lemon dengan minyak pembawa seperti jojoba, almond, kelapa, dan lain-lainnya.
  • Jangan mengoleskan Minyak Atsiri Lemon dalam jumlah yang berlebihan sesuai dengan kebutuhan saja, karena jika berlebihan dapat membuat kulit menjadi iritasi.
  • Kemudian juga sebelum penggunaan bisa cek terlebih dahulu, mungkin bisa dibagian punggung tangan atau juga lengan, dan tunggu sekitar 24 jam. Jika terjadi reaksi seperti alergi maka segera hentikan pemakaiannya. Jika merasa aman dan tidak terjadi alergi maka itu cocok untuk digunakan pada kulit Sobat.
  • Sobat juga bisa menggunakannya dengan cara hirup Minyak Atsiri Lemon dengan menggunakan diffuser atau juga bisa menuangkan beberapa tetes Minyak Atsiri Lemon pada tisu atau kain yang cukup tebal.

Efek Samping

Hasil gambar untuk minyak lemon

Setiap produk pasi ada efek samping masih-masing, entah yang baik atau yang buruk. Nah, untuk penggunaan Minyak Atsiri umumnya itu aman, tetapi tergantung juga dengan bahan dan kecocokan pada kulit Sobat.

Maka dengan itu, sangat disarankan untuk tes terlebih dahulu, seperti dioleskan ke bagian punggung tangan/kaki, dan tunggu selama 24 jam. Jika tidak terjadi apapun, itu tandanya cocok digunakan pada kulit Sobat, tetapi jika sebaliknya maka segera hentikan penggunaannya.

Dan juga, sebelum pemakaiannya Minyak Atsiri Lemon harus dilarutkan atau dicampurkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa. Mengapa?

Karena jika tidak dapat menyebabkan kulit gatal, kemerahan, iritasi, dan tanda alergi lainnya.

Jauhkan juga dari jangkauan anak kecil atau bayi.

Itulah mengenai Manfaat Minyak Lemon, kemudian juga ada Cara dan Efek Samping Penggunaan. Jika Sobat ingin mendapatkan manfaat seperti yang diatas, maka gunakanlah secara rutin dan teratur. Tetapi juga jangan lupa untuk tetap memperhatikan efek samping yang mungkin bisa terjadi pada Sobat. Untuk artikel lainnya silahkan Sobat bisa langsung kunjungi Minyak Esensial Lemon, dan juga Jenis Minyak Atsiri lainnya.

Sekian dari penulis kece, mohon maaf apabila didalam artikel ini terdapat kekurangan atau kesalahan. Jika ada saran atau kritik yang membangun bagi penulis, silahkan bisa disampaikan melalui komentar chat yang ada dibawah.

Dan jangan lupa juga untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya kepada Sobat yang lainnya. Yuk saling berbagi ilmu!

Terima Kasih, sampai jumpa esok!