Macam- Macam Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat

0
9
manfaat minyak kelapa untuk obat

Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa saja Macam- Macam Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat. Yuk di simak Baik- baik!

Kandungan minyak kelapa

manfaat minyak kelapa untuk obat

Minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang dapat digunakan dalam berbagai cara, mulai dari memasak, komposisi kopi, hingga bahan sampo.

Dalam beberapa tahun terakhir, minyak kelapa cukup populer karena dianggap sebagai nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Berkat kandungannya, minyak nabati ini diklaim dapat menghilangkan lemak perut sampai mengurangi risiko penyakit jantung.

Asam lemak jenuh

Pada dasarnya, minyak kelapa memiliki kandungan 100% lemak, 80% sampai 90% lemak jenuh. Inilah yang membuat minyak kelapa memiliki tekstur yang lebih kuat saat dingin atau di luar ruangan.

Ada berbagai jenis asam lemak jenuh dalam minyak kelapa, antara lain:

  • asam laurat,
  • asam miristat, dan
  • palmitat.
  • Ketiga asam lemak ini telah terbukti meningkatkan kadar LDL yang berbahaya. Namun, jumlah asam lemak ini cukup kecil dalam minyak kelapa.

Yuk Mampir Website Kami : Rumah Mesin

Asam lemak tak jenuh

Selain asam lemak jenuh, minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang menawarkan macam manfaat kesehatan.

Meski tersedia dalam jumlah sedikit, bahan-bahan tersebut membuat minyak kelapa cukup populer.

Sedangkan minyak kelapa tidak memiliki kandungan kolesterol, serat, dan hanya sedikit vitamin, mineral, dan juga sterol nabati.

Sterol tumbuhan memiliki struktur kimia yang mirip dengan kolesterol darah. Hal ini dapat mencegah penyerapan kolesterol.

Namun, kandungan sterol yang terkandung dalam beberapa sendok makan minyak kelapa cukup rendah sehingga tidak bisa menurunkan kadar kolesterol lebih besar.

Penggunaan minyak kelapa

manfaat minyak kelapa untuk obat

Penggunaan minyak kelapa kini telah hadir di seluruh dunia. Tidak hanya di negara tropis, negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia juga memanfaatkan manfaat minyak kelapa.

Di bawah ini adalah berbagai manfaat minyak kelapa yang membuatnya populer di seluruh dunia.

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Salah satu manfaat minyak kelapa adalah meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini bisa diperoleh karena kandungan trigliserida rantai menengah dalam minyak kelapa.

Senyawa dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini hanya ditemukan dalam penelitian kecil.

Tetapi, beberapa ahli mengetahui bahwa efek minyak kelapa extra virgin didalam kolesterol mungkin mirip dengan minyak zaitun.

Namun, para ahli masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat manfaat minyak kelapa untuk meningkatkan HDL.

Baca Juga : Produk Mesin VCO

2. Kelola stres

Selain meningkatkan kolesterol HDL, manfaat lain dari minyak kelapa yang bisa diambil adalah membantu menghilangkan stres.

Namun, stres yang dimaksud di sini yaitu berkaitan dengan stres yang diakibatkan olahraga. Ini karena minyak kelapa murni dianggap memiliki sifat antioksidan.

Sementara itu, stres akibat radikal bebas juga dapat dilawan oleh antioksidan didalam minyak kelapa.

Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat obat eksperimental dan terapeutik.

Studi pendahuluan ini menunjukkan bahwa minyak kelapa jangka panjang dapat mengobati beberapa jenis depresi.

3. Membantu mengurangi rasa lapar

manfaat minyak kelapa untuk obat

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan, minyak kelapa bisa menjadi solusinya.

Manfaat minyak kelapa yang satu ini didapat karena kandungan MCT yang ada. Cara kerja MCT diduga terkait dengan cara tubuh memproses metabolisme lemak.

Sayangnya, keton bisa mengurangi nafsu makan.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan karena beberapa penelitian dilaporkan dalam skala kecil dan dilakukan dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat.

Jika manfaat ini bertahan lama, kemungkinan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Sekian Macam- Macam Manfaat Minyak Kelapa Untuk Obat, Terimakasih.