15 Manfaat Jamu Beras Kencur bagi Kesehatan Tubuh Kita

0
70
Manfaat Jamu Beras Kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur – Indonesia terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya, dari dulu hingga sekarang masyarakat kita percaya bahwa minuman tradisional menyimpan beragam manfaat khususnya bagi kesehatan.

Salah satu minuman tradisional yang populer di tengah masyarakat Indonesia yaitu jamu beras kencur. Jamu beras kencur banyak digemari karena rasanya yang manis dan aroma kencur yang khas.

Tahukah Anda? jamu beras kencur memiliki banyak kandungan gizi. Rimpang kencur sendiri mengandung pati, mineral, minyak atsiri (berupa asam metil kanil dan penta dekaan), asam sinamik, borneol, kamphene, dan alkaloid.

Sementara itu, beras mengandung zat karbohidrat yang sangat tinggi. Kandungan gizi lain yang ada di dalam jamu beras kencur tergantung dengan kompisisi tambahan yang digunakan.

Tak heran jika jamu beras kencur dipercaya dapat memberikan beragam manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit sebagai berikut:

Manfaat Jamu Beras Kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur

1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat dari jamu beras kencur yang pertama dan sangat terkenal yaitu bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok dikonsumsi untuk menambah nafsu makan pada anak.

Selain itu, minuman tradisional ini juga dapat menjadi solusi alternatif Anda untuk menambah berat badan. Anda harus mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin jika ingin merasakan manfaatnya.

2. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Selain menggunakan produk perawatan yang tepat, ternyata mengkonsumsi jamu beras kencur juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit.

Minuman tradisional yang satu ini mengandung zat-zat yang dapat membantu meredakan jerawat, mencerahkan kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

3. Mengatasi Flu dan Batuk | Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur juga bermanfaat untuk menyembuhkan flu. Manfaat ini dirasakan karena efek hangat yang diberikan oleh kencur. Efek hangat kencur ini bisa menghilangkan mual dan kesulitan bernafas saat menderita flu.

Selain flu, efek hangat saat mengonsumsi jamu beras kencur juga dipercaya dapat meredakan batuk dan tenggorokan yang gatal. Kandungan minyak atsiri pada kencur bisa dimanfaatkan untuk meluruhkan dahak, membersihkan tenggorokan dan mengatasi masalah tenggorokan lainnya.

4. Mencegah Diabetes

Jamu beras kencur terbuat dari bahan utama beras dan kencur yang mengandung zat-zat dan antioksidan tinggi. Oleh karena itu, jamu beras kencur dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya yaitu untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes mellitus.

Bila dikonsumsi secara rutin, jamu beras kencur dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Hal ini telah dibuktikan sebuah penelitian oleh Program Studi Farmasi, Universitas Tanjung Pura.

5. Menyembuhkan Panas Dalam

Manfaat dari mengkonsumsi jamu beras kencur selanjutnya yaitu mampu menyembuhkan masalah panas dalam. Rasa hangat dan sifat antibakteri pada kencur dipercaya dapat meringankan sariawan.

6. Meredakan Infeksi

Luka besar yang tidak ditutup biasanya akan mengalami infeksi. Infeksi adalah peradangan pada luka yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meredakan infeksi ini, Anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur.

Jamu beras kencur bisa melawan infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri berkat kandungan dari jamu beras kencur yang bersifat antibakteri.

7. Meredakan Diare

Kencur mengandung zat sitotoksik dan anti bakteri yang dapat meredakan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Mikro organisme yang menyebabkan infeksi ini termasuk bakteri, virus, atau parasit.

Sifat anti inflamasi dan anti bakteri pada kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Jamu beras kencur juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh saat menderita diare.

8. Menurunkan Berat Badan | Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Ada banyak produk obat-obatan yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun, tidak disarankan mengonsumsi produk semacam itu karena dapat dapat menimbulkan efek samping. Menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan. Selain pola makan yang baik, Anda juga perlu menerapkan pola hidup yang baik dengan rutin berolahraga.

Selain itu, mengkonsumsi jamu beras kencur juga menjadi salah satu cara paling aman untuk menurunkan berat badan.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Rimpang kencur mengandung senyawa etil p-metoksisinamat yang bersifat anti kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat perkembangbiakan sel hati dan sel kanker hati sehingga mencegah sel kanker menyebar di dalam tubuh.

10. Menyuburkan Rahim

Jamu beras kencur juga dipercaya memiliki manfaat untuk membantu menyuburkan rahim. Minuman tradisional ini sangat baik dikonsumsi para wanita yang pernah mengalami keguguran.

Anda bisa mencampurkan jamu beras kencur dengan daun sirih dan bawang putih yang telah dihaluskan. Saring dan ambil sarinya. Minum racikan jamu beras kencur berikut ditambahkan madu agar rasanya manis. Konsumsi secara rutin pada pagi hari terutama saat sedang datang bulan.

11. Mengatasi Penyakit Lambung

Jamu beras kencur juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit lambung. Jika dikonsumsi secara rutin, jamu beras kencur dapat bermanfaat untuk mengatasi maag dan gastritis.

Hal ini karena jamu beras kencur mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk menebalkan dinding lambung. Kandungan jamu beras kencur ini juga bermanfaat untuk mengatasi penggerusan dinding lambung akibat asam.

12. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh | Manfaat Jamu Beras Kencur

Kandungan jamu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh akibat kelelahan. Jika dikonsumsi secara rutin, minuman tradisional ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu meningkatkan nafsu makan.

Oleh karena itu jamu beras kencur sangat cocok dikonsumsi saat Anda beraktifitas maupun saat sedang sakit.

13. Menangkal Radikal Bebas

Jamu beras kencur terkenal dengan kandungan anti oksidan yang tinggi. Kandungan ini dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, kandungan anti infeksi dan anti inflamasinya juga dapat mencegah zat-zat ayng menimbulkan terjadinya radang dan nyeri.

Manfaat jamu beras kencur dalam menangkal radikal bebas inisecara yidak langsung dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit lain seperti kanker, penyempitan pembuluh darah, dan masih banyak lagi

14. Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

Jamu beras kencur juga bermanfaat untuk meredakan sakit kepala dan migrain. Kencur biasanya digunakan sebagai obat analgesik untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran. Bagi Anda yang sedang menderita sakit kepala atau migrain, cocok untuk mengkonsumsi jenis jamu yang satu ini.

15. Meredakan Nyeri | Manfaat Jamu Beras Kencur

Rimpang kencur juga dipercaya dapat dijadikan sebagai obat yang dapat mengobati berbagai macam nyeri. Khasiat kencur sebagai analgesik membuat kencur banyak digunakan sebagai obat untuk pengobatan sakit gigi, nyeri sendi, nyeri dada, sakit perut dan sakit kepala.

Anda dapat mengkonsumsi kencur secara langsung atau daam bentuk jamu beras kencur. Pada kasus nyeri sendi, biasanya digunakan ekstrak kencur berupa minyak atsiri.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan. Yuk tunggu apa lagi? bagi Anda yang menderita masalah-masalah kesehatan seperti diatas, tak ada salahnya mengkonsumsi jamu beras kencur.

Selain karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jamu beras kencur juga terbuat dari bahan-bahan alami. Mari kita simak Cara Membuat Jamu Beras Kencur. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di sini.