Kuliner Khas Semarang Wajib di Coba Bagi Traveler

0
125

Anda sedang berkunjung ke Kota Semarang? Rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi hidangan kuliner terbaik khas Semarang. Berikut ini kami rekomendasikan makanan khas semarang yang wajib Anda coba.

Nasi Ayam Semarang

Salah satu kuliner khas Semarang yang paling enak dan bikin nagih yaitu nasi ayam Semarang. Makanan ini disajikan dengan isi nasi liwet, telur rebus, suwiran ayam yang disiram dengan kuah opor plus ditambah sambal goreng jipan. Dijamin deh rasanya ajib banget dan akan membuat Anda ketagihan saat mencoba pertama kalinya.

Sekilas saat melihat nasi ayam Semarang memang akan menyerupai nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang di hidangkan menggunakan sate telur puyuh, usus dan minuman teh hangat sebagai pelengkapnya. Pastikan Anda memasukkan makanan ini ke daftar menu dalam wisata kuliner di Kota Semarang.

Lumpia Semarang

Siapa yang gak tau lumpia? Lumpia merupakan makanan khas Semarang yang paling terkenal dan wajib dicicipi saat berkunjung di Kota Semarang. Kuliner khas Semarang ini terbuat dari adonan tepung yang diberikan isian berbagai macam varian dan digulung seperti spring roll kemudian di goreng dengan minyak panas.

Varian isi dari lumpia ini sangat bervariasi mulai dari daging ayam, telur orak-arik, bawang putih, ebi, potongan sayuran, dan rebung. Perpaduan dengan berbagai varian isi membuat rasa lumpia Semarang nikmat dan lezat. Wajib Anda coba dan jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman saat berkunjung di Kota Semarang.

Pisang Plenet

Sebagian orang pasti merasa asing ketika baru mendengar kuliner yang satu ini. Jelas, karena kuliner khas semarang ini memang tidak seterkenal lumpia, namun jangan meragukan cita rasanya yang nikmanya sekali. Pisang plenet dibuat dari olahan pisang manis dan berbetuk pipih (plenet).

Dalam pembuatannya ialah dengan memotong pisang matang berjenis kepok dan dibakar menggunakan api kecil hingga berwarna kecoklatan dan beraroma sedikit gosong. Selanjutnya pisang ditiriskan dam dibaluri olesan margarin dengan tambahan neises, selain nanas, coklat, gula bubuk dan varian lainnya. Tahap terakhirnya pisang plenet kembali ditutupi dengan pisang pipih sehingga akan berbetuk menyerupai roti tawar asi.

Nah, itulah tiga macam kuliner khas semarang yang wajib Anda coba saat sedang berkunjung di Kota Semarang. Masih banyak juga makanan khas Semarang lainnya yang rasanya tidak kalah, seperti Nasi Goreng Babat Gongso, Soto Bangkok, Mie Kopyok, Tahu Petis Semaraang dan banyak lainnya. Anda tidak perlu bingung mengenai transportasi untuk mencicipi semua kuliner khas Semarang, kini hadir center travel dengan armada terbaru siap melayani Anda sepenuh hati.