Fakta Menarik Masjid Tiban Turen, Objek Wisata Religi di Malang

0
103

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, Indonesia memiliki banyak masjid. Beberapa masjid sebenarnya tidak hanya tempat ibadah, tetapi juga menjadi objek wisata religius. Salah satunya adalah Masjid Turen di Sananrejo Tiban, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. Ada isu masjid ini dibangun oleh jin dalam waktu semalam, tetapi berita itu hanya isapan jempol belaka. Karena masjid ini dibangun oleh masyarakat dan siswa. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, mewah bergaya terkesan ornamen Turki, India, Rusia. Ada menara dan kubah.

Masjid Tiban dibangun oleh jin dalam waktu semalam sama sekali tidak benar. Masjid ini dibangun oleh masyarakat dengan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaair Rahmah yang lokasinya merupakan satu wilayah dengan masjid. Masjid ini membangun penampilan yang megah, dengan menara tinggi yang di tengah-tengah pemukiman dan campuran ornamen khas Turki, India, Rusia ke Mesir membuat konsep bangunan campuran, bernilai tinggi.

Bangunan masjid Tiban terdiri dari 10 lantai. Masjid ini tidak dibangun dalam semalam, tetapi tidak mengambil sedikit untuk meningkatkan bangunan. Masjid ini dibangun pada tahun 1978. Lantai 1 sampai 4 digunakan sebagai kegiatan siswa, lantai ke-6 ruang keluarga. Sementara lantai 5, 7, 8 ada toko yang dikelola oleh siswa. Dari 10 lantai, lantai 1 adalah tempat istirahat dan doa ruang, lantai dua ada counter, ruang istirahat, ruang makan dan dapur. Lantai 3 berisi ruang doa, akuarium dan kebun binatang mini. Sedangkan lantai 4 adalah lantai untuk pengasuh keluarga pondok. Ada ruang doa di lantai 5, lantai 6 yang dikelola oleh siswa, lantai 9 gedung yang dirancang sebagai lereng gunung dan lantai 10 juga gua-gua dan puncak gunung.

Masjid Tiban fungsi beralih sebagai asrama juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Karena masjid sejarah Tiban yang unik, membuat banyak orang penasaran untuk datang ke sini. Arsitek masjid Turen Tiban bukan salah satu yang berlayar ke ilmu arsitektur di perguruan tinggi, melainkan hasil dari pemilik istikharah dari pondok pesantren, KH Achmad Bahru Mafdloludin.

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.