Cincin Tunangan Dari Emas Kuning Dan Emas Putih, Bagus Yang Mana?

0
38

Emas kuning dan emas putih sama-sama logam mulia yang sering kali dijadikan bahan membuat perhiasan. Salah satunya seperti kalung mewah. Cincin tersebut merupakan simbol dari hubungan yang serius. Umumnya, cincin itu dipakai setelah lamaran.

Kenapa Memilih Cincin Tunangan Emas Asli?

Banyak yang lebih memilih cincin tunangan dari emas asli karena alasan tertentu. Salah satunya karena emas memiliki kilau yang indah dan tidak berkarat. Sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang.

Dulu, sebagian besar cincin lamaran yang dijumpai di pasaran berupa emas kuning. Tapi sekarang, sudah ada varian lain yaitu emas putih. Keduanya memiliki kualitas yang tak jauh beda. Sampai-sampai banyak yang bingung harus pilih mana. Kira-kira, bagaimana menurutmu?

Emas Kuning Dan Emas Putih, Bagus Yang Mana Ya?

Sering kali dalam membeli cincin emas untuk tunangan kita diberi pilihan, mau emas putih ataukah yang kuning? Bingung kan? Wajar saja, karena keduanya sama bagusnya. Biar tidak bingung lagi, kamu perlu mengetahui karakter dari masing-masing emas itu, seperti:

  1. Dari komponen penyusun

Biasanya, cincin emas putih memiliki kandungan emas murni sebanyak 75 persen. Kemudian 25 persennya berupa campuran perak, timah, platinum dan juga nikel. Selain itu, emas putih umumnya dilapisi dengan rhodium atau logam putih yang ditujukan untuk menambah kilau pada perhiasan. Sedangkan emas kuning biasanya terdiri dari campuran seng, tembaga dan emas murni.

  • Dari segi perawatan

Untuk perawatannya, emas putih perlu dilapisi rhodium lagi setidaknya setahun sekali. Kalau tidak, maka perhiasan itu akan tampak kusam karena kilaunya mulai berkurang. Sedangkan emas kuning bisa dipoles ketika warnanya sudah mulai kusam.

  • Dari segi harga

Kebanyakan emas putih dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari emas kuning. Namun harga di pasaran sangat bervarian, tergantung dengan besar kecilnya kadar emas itu sendiri.

kalung mewah itu pun diproduksi dengan dua varian yaitu dari emas kuning dan putih. Keduanya sama-sama dikemas dengan desain yang unik dan menarik. Bahkan kamu bisa menjumpai cincin yang anti mainstream lho. Cincin yang bentuknya tidak pasaran dan cocok untuk lamaran! Tapi kalau kamu lebih suka cincin tunangan simple, juga ada kok.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa pilih sendiri cincin tunangan mana yang kamu inginkan. Ada emas kuning dan emas putih yang didesain dengan bertatahkan berlian asli. Adapun soal berapa harga kalung mewah tersebut, sangat bervariasi.