Cek Tagihan Listrik Via WA Permudah Bayar Tagihan!

0
32
cara cek tagihan listrik via wa

Bisakah Anda cek tagihan listrik via WA? Meskipun WA sudah menjadi aplikasi chatting terpopuler. Sejauh ini belum ditemukan cara pengecekan listrik PLN melalui WA, PLN masih menggunakan SMS atau telepon. Cara konvensional yang dipadankan dengan pengecekan modern melalui website juga aplikasi yang ditawarkan oleh pihak kedua. Hasil pengecekan melalui website atau aplikasi sama transparannya.

Cara cek tagihan listrik via WA

Di atas telah disebutkan dengan jelas jika sejauh ini belum ada tata cara pengecekan tagihan listrik via WA. Yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi chatting ini hanyalah mengirimkan bukti screen shoot jumlah tagihan listrik yang telah diakses via website atau aplikasi.

Bagaimana cara mendapatkan total tagihannya? Simak baik-baik tutorial berikut:

  • Aplikasi

Screen shoot bisa dilakukan via smartphone, tablet atau laptop, jadi untuk mengunduh aplikasi Anda bisa memilih satu di antara tiga pilihan tersebut. Usai download, silakan pilih menu tab listrik. Isi data yang dibutuhkan termasuk ID pelanggan atau nomor ponsel. Khusus untuk pelanggan pascabayar, Anda akan mendapatkan informasi tagihan. Silahkan ambil screen shoot-nya dan kirimkan via WA.

  • Website

Cek tagihan listrik pascabayar tidak melulu dilakukan via aplikasi. Dari website pun Anda bisa mengaksesnya dengan mudah, contohnya di Hotelmurah.com. Di atas telah dijelaskan bagaimana cara cek tagihan pascabayar listrik. Maka kali ini, Anda akan diajarkan cara beli token pulsa prabayar. Token pulsa prabayar hanya bisa diaktifkan dan digunakan oleh pengguna listrik prabayar. Terlebih dahulu, Anda harus memasang meteran listrik prabayar dengan bantuan PLN.

Pertama-tama, silakan masuk ke website dan pilih menu listrik. Masukkan data penting termasuk ID prabayar listrik Anda berikut nomor Hp. Pilih pulsa token dengan nominal tertentu lalu klik lanjutkan untuk menyelesaikan tagihan belanja token listrik. Mudah bukan? Hampir sama seperti Anda belanja pulsa telepon seluler.

5 Cara pasang instalasi listrik yang baik dan benar

cara cek tagihan listrik via wa
Cara Cek Tagihan Listrik Via WA
  1. Mengenal luas dan jumlah ruangan rumah

Langkah pertama adalah memastikan jika instalasi listrik yang dilakukan di rumah meliputi seluruh ruangan. Baik dapur, kamar tidur, ruang keluarga hingga bagian belakang rumah mendapatkan aliran listrik yang dibutuhkan. Caranya dengan mengenali berapa total luas rumah berikut jumlah ruangan. Jangan sampai ada ruangan yang tidak dihitung karena akan mempengaruhi pengeluaran instalasi listrik di kemudian hari.

  • Mengenal besaran daya listrik

Setiap rumah wajib bayar tagihan listrik mengikuti besaran daya listrik yang dikonsumsi setiap bulannya. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, Anda wajib mengenali besaran daya listrik yang dibutuhkan sebelum pasang listrik. Setelah mengetahui besaran daya listrik yang dibutuhkan, Anda juga akan mengetahui berapa banyak MCB yang harus dipasang. MCB membantu melindungi listrik rumah tangga sehingga tidak menyebabkan korsleting listrik.

  • Siapkan alat dan material yang diperlukan

Bila kedua komponen di atas sudah diurus, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan berbagai peralatan dan material. Cukup banyak yang harus Anda urus, termasuk ELCB, stop kontak, tedus, MCB, kabel listrik dan sebagainya. Semua material tersebut bisa didapatkan dengan mudah karena dijual di pasaran.

  • Mengenal jenis kabel instalasi yang dibutuhkan

Kabel instalasi listrik merupakan salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan untuk pemasangan listrik rumah maupun gedung perkantoran. Di pasaran terdapat banyak kabel instalasi tapi pastikan jika Anda hanya membeli kabel instalasi yang berstandar SNI. Logo SNI menandakan jika kabel tersebut memiliki kualitas yang baik dan juga awet.

Itulah cara cek tagihan listrik via WA aplikasi atau website serta tips memasang instalasi listrik. Semoga bermanfaat.