Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet! Yukk Simak!

0
17

Halo semua! Jadi pada kesempatan kali ini aku bakalan kasih tau cara menyimpan sayuran agar awet yang harus kalian ketahui!

Namun sebelum itu, yukk kita simak penjelasan mengenai sayuran yang mungkin belum kalian ketahui.

Sayuran

Sayuran dapat diartikan sebagai bahan dasar pangan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan biasanya mengandung kadar air yang cukup tinggi dan biasanya sayuran ini dikonsumsi dalam keadaan yang masih segar (mentah) atau bisanya dikonsumsi setelah sayuran tersebut selesai diolah menjadi beberapa menu masakan.

Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengolah sayuran, yaitu dengan cara di rebus, di kukus, di sangrai, di goreng, dan bahkan ada juga jens sayuran yang bisa di makan mentah-mentah.

Sayuran yang biasanya di makan dalamkeadan yang masih mentah disebut dengan lalapan. Biasanya lalapan di makan dengan menggunakan sambal sebagai pelengkap. Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat sehat jika dikonsumsi secara teratur.

Sayuran dapat juga disebut sebagai komponen pengganti nasi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan termasuk juga jamur. Kebanyakan sayuran merupakan bagian vegetatif yang berasal dari tumbuhan yang pada umumnya berupa daun berwarna hijau dan bisa juga tangkainya.

Akan tetapi dapat pula berupa batang yang masih tampak muda. Contohnya adalah rebung atau bonggol umbi.

Ada beberapa jenis sayuran yang tumbuh di bagian yang tertutup dengan tanah atau tertanam dibawah tanah seperti wortel dan juga lobak. Adapun sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga yaitu turi dan juga kecombrang.

Ada juga sayuran yang berasal dari buah seperti terong, tomat, dan kapri. Kemudian yang berasal dari biji-bijian seperti buncis dan kacang merah. Bagian lain yang dapat juga di anggap sebagai sayuran adalah tongkol jagung dan juga jamur.

Tetapi sayangnya, buah-buahan tidak dapat dikategorikan sebagai sayuran, meskipun buah-buahan memiliki kandungan air yang tinggi di dalamnya. Karena biasanya sesuatu makanan yang memiliki rasa manis sangat tidak cocok untuk di masak atau di sayur.

Ya udah yukk sekarang kita simak cara menyimpan sayuran yang baik dan benar agar sayuran yang kalian simpan dapat tetap awet dan tahan lama.

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tetap Awet

1. Pilihlah Jenis Sayuran yang Berkualitas

Kalian harus pintar dan teliti dalam memilih jenis-jenis produk sayuran yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan, agar kalian bisa saja mencoba segala cara yang nanti akan kita bahas untuk mencegah sayuran dapat layu pada saat di simpan di dalam lemari es.

Akan tetapi jika produk sayuran yang kalian simpan tidak memiliki kualitas yang bagus maka sayuran yang kalian simpan akan layu dan mungkin saja akan menjadi busuk.

2. Pilih Sayuran Sebelum di Simpan ke Dalam Kulkas

Cara pertama untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas agar lebih awet adalah dengan memilih bagian sayuran yang sudah berbeda warna nya (kecoklatan atau kekuningan).

Buang saja bagian yang sudah rusak atau berwarna coklat itu agar kerusakannya tidak akan menjalar ke bagian sayuran yang lain, selain itu kalian perlu memotong bagian akar dari sayuran tersebut.

3. Cuci dan Keringkan Sayuran Terlebih Dahulu Sebelum di Simpan di Dalam Kulkas

Setelah kalian sudah selesai membeli sayuran di pasar atau bahkan di supermarket, maka langkah berikutnya adalah dengan mencuci bersih sayuran tersebut dengan menggunakan air yang mengalir dan usahakan juga untuk menggunakan sabun anti bakteri.

Cara diatas bertujuan agar seluruh kotoran dan bakteri yang menempel pada sayuran dapat terlepas dari permukaan sayuran tersebut. Karena,  kotoran dan bakteri merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat proses terjadinya pembusukan pada sayuran.

Setelah kalian selesai mencuci sayuran tersebut. Lalu keringkan sayuran terlebih dahulu sebelelum di masukkan ke dalam kulkas.

4. Bungkus Sayuran Menggunakan Kertas atau Menggunakan Plastik yang Berlubang

Janganlah kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas dengan keadaan menggunakan wadah yang tertutup rapat. Karena hal tersebut dapat membuat sayuran kehilangan oksigen untuk bertahan hidup.

Maka dari itu lebih baik lagi jika kalian menyimpan sayuran menggunakan kertas atau bisa juga dengan menggunakan plastic yang berlubang.

Tetapi ada juga cara lain untuk menyimpan sayuran atau makanan anda yang lain dengan baik, yaitu dengan menggunakan alat yang bernama vacuum sealer.

Apa sih itu vacuum sealer? Yaa vacuum Sealer atau yang biasa disebut sebagai Alat Pres Plastik Kedap Udara merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengemas produk dengan menghampakan udara yang ada di dalam kemasan tersebut.

Sehingga hal tersebut dapat membuat makanan yang akan kalian tetap aman, awet (tahan lama), fresh, bersih, dan juga menarik.

5. Pisahkan Antara Sayuran dengan Buah Sebelum di Masukkan ke Dalam Kulkas

Kalian tidak boleh menyimpan sayuran bersamaan dengan buah-buahan atau dengan kata lain harus menyimpannya di tempat yang terpisah. Karena buah-buahan dapat menghasilkan suatu zat yang bernama zat etilen. Zat etilen tersebut akan mempercepat proses kematangan pada bahan-bahan makanan segar.

Hal ini akan menyebabkan proses pembusukan pada sayuran akan lebih cepar dari pada biasanya.

6. Tata Sayuran Sesuai dengan Jenisnya di Dalam Rak Sayur

Di dalam kulkas pada umumnya terdapat 3 hingga 4 rak penyimpanan untuk menyimpan berbagai macam jenis makanan. Maka dari itu kalian bisa menggunakan rak tersebut semaksimal mungkin untuk menyusun berbagai sayuran sesuai dengan jenis nya.

Contohnya adalah kalian bisa meletakan sayur-sayuran yang berdaun hijau seperti bangkung, bayam, dan sawi berada pada rak bagian terbawah.

Karena suhu pada rak bagian paling bawah cenderung stabil sehingga aman untuk menyimpan jenis sayur-sayuran yang lebih cepat membusuk.

Lalu pada rak bagian tengah dapat kalian gunakan untuk menyimpan berbagai macam sayuran yang memiliki kadar air yang rendah. Contohnya seperti wortel, kacang panjang, kol, dan buncis.

Dan yang terakhir berada pada rak bagian paling atas yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagi macam jenis sayuran yang memiliki kadar air yang cukup tinggi seperti cabai, tomat, paprika, dan mentimun.

Tips menyimpan sayur sesuai dengan rak nya ini akan sangat memudahkan kalian pada saat kalian akan mengecek bagaimana kondisi sayuran yang ada di kulkas kalian apakah sudah layu atau masih segar.

7. Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Menggunakan Wadah

Jika kalian menginginkan sayuran tersusun dengan kondisi yang lebih rapi, maka kalian juga bisa menyimpan sayuran dengan menggunakan wadah. Namun cara ini hanya berlaku untuk sayuran yang memiliki batang yang cukup keras seperti wortel atau brokoli.

Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mencuci wortel dan brokoli nya terlebih dahulu. Kemudian kupas atau potong bagian yang akan digunakan dan akan kalian simpan di dalam wadah tersebut.

Wadah yang digunakan untuk menyimpan sayuran dan akan di masukkan ke dalam kulkas harus berada dalam kondisi yang tertutup rapat. Jika wadah tersebut sudah tertutup rapat, baru kalian dapat memasukkan wadah tersebut ke dalam kulkas.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan. Jika kalian ingin tahu cara menyimpan sayuran di kulkas yng lainnya, maka kalin bisa mengeceknya pada artikel yang sudah saya buat sebelumnya, yaitu Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yaa!

Semoga artikel ini dapat membantu kalian disaat kalian ingin tau cara menyimpan sayur di kulkas dan semoga kalian dapat menerapkanya di kehidupan sehari-hari.

Terima kasih and see u next time!