Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik Yang Efektif & Efisien

0
45

Tahukah kamu cara mendaur ulang sampah plastik yang benar? Nah kali ini mimin akan membagikan informasi cara mendaur ulang sampah plastik. Penasaran bukan bagaimana caranya? Yuk simak dibawah ini.

Plastik merupakan kemasan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sifat plastik yang sulit terurai membuatnya berpotensi mencemari lingkungan.

Masalah tidak akan selesai jika kita membuang sampah plastik. Oleh karena itu, untuk mencegah pencemaran sampah plastik, Anda harus mengurangi penggunaan plastik atau mendaur ulang plastik agar dapat digunakan kembali.

Saat ini sudah banyak bank sampah yang tersebar di Indonesia untuk menampung sampah plastik. Jika Anda ingin terlibat dalam daur ulang sampah plastik yang benar, ikuti panduan ini.

Kenali Jenis-Jenis Kemasan Plastik

cara mendaur ulang sampah plastik

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum mendaur ulang plastik adalah mengetahui jenis kemasan plastik terlebih dahulu.

Lihatlah bagian luar kemasan plastik untuk menemukan logo dengan angka 1-7 di dalam segitiga panah. Berikut makna dibalik logo pada kemasan plastik tersebut:

1. PET atau PETE (Polyethylene terephthalate)

PET ditandai dengan simbol nomor 1 di segitiga panah. Jenis plastik ini dapat didaur ulang menjadi karpet, tas jinjing, wadah minuman baru, dan furnitur.

2. HDPE (Polietilen densitas tinggi)

Simbol angka 2 pada segitiga panah atau HDPE juga merupakan jenis plastik yang mudah didaur ulang. Plastik HDPE dapat didaur ulang menjadi botol, pulpen, atau bahan bangunan.

3. V (Vinil) atau PVC

Plastik dengan logo nomor 3 atau PVC didaur ulang menjadi bahan bangunan atau papan yang terbuat dari bahan plastik.

4. LDPE (Polietilen densitas rendah)

Logo LDPE atau angka 4 pada segitiga panah menandakan bahwa kemasan plastik ini dapat didaur ulang kembali menjadi amplop, kantong plastik, atau papan plastik.

5. PP (polipropilena)

PP atau simbol angka 5 banyak terdapat pada botol sirup, botol kecap, atau tutup botol. Proses daur ulang plastik jenis ini dapat menghasilkan sapu, garpu, baterai, dan nampan.

6. PS (polistirena)

Temukan simbol PS atau angka 6 di piring atau alat makan sekali pakai atau CD (Compact Disc).

Jenis plastik ini mengandung bahan kimia berbahaya dan cenderung sulit untuk didaur ulang. Namun, plastik PS masih dapat didaur ulang kembali menjadi busa atau karton telur.

7. LAIN

Jika Anda menemukan plastik dengan simbol LAINNYA atau angka 7 di segitiga panah, itu berarti sangat sulit untuk didaur ulang.

Kalaupun melalui proses daur ulang, langkahnya cukup sulit dan hanya bisa diolah kembali menjadi papan plastik.

Baca Juga : Ide Kreatif Daur Ulang Limbah Plastik Menjadi Kerajinan

Simak Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik Yang Benar

1. Sortir Sampah Plastik Berdasarkan Jenisnya

Daur ulang adalah proses pengolahan bahan bekas menjadi bahan baru untuk mengurangi limbah. Bahan yang sering didaur ulang adalah plastik.

Namun, sebelum melakukan proses daur ulang, sebaiknya Anda memisahkan sampah plastik berdasarkan jenisnya.

Misalnya, pisahkan kemasan deterjen plastik dari botol air mineral. Selain memilah sampah plastik berdasarkan jenisnya, Anda juga bisa mengurutkan berdasarkan simbol atau logo daur ulang yang biasa terdapat pada wadah plastik (seperti titik pertama).

2. Bersihkan Sampah dari Kotoran

Sampah plastik yang kotor harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Proses pencucian sampah plastik berguna untuk mempermudah proses daur ulang.

Selain itu, sampah plastik yang bersih tentunya dapat mengurangi rasa jijik Anda ketika harus mengumpulkannya sebelum membawanya ke pengepul atau bank sampah.

3. Sampah Plastik Kering

Setelah sampah plastik dicuci bersih, keringkan sampah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari

Menyimpan sampah plastik basah hanya akan memberikan tempat bagi kuman dan bakteri untuk bersarang. Selain itu, sampah yang disimpan dalam kondisi basah akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Setor Sampah Plastik di Bank Sampah

Daur ulang sampah plastik harus dilakukan dengan bantuan bank sampah. Pasalnya, bank sampah merupakan program yang dibentuk untuk mengurangi pencemaran sampah plastik di lingkungan.

Bank sampah akan mendistribusikan sampah yang Anda titipkan kepada pihak yang mampu mendaur ulang sampah dengan baik.

Cara mendaur ulang sampah plastik sangat mudah dan praktis bukan? Mulai sekarang, jangan ragu untuk mengumpulkan sampah plastik dan membawanya ke bank sampah untuk didaur ulang.

Langkah sederhana seperti ini akan berdampak positif besar dalam mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik.