Cara Memperkuat Wireless di Rumah

0
89

Pada zaman sekarang ini banyak sekali orang yang sudah memasang WiFi pribadi di rumah masing-masing. Namun, kendala sinyal wireless lemah sering kali terjadinya. Pada artikel kali ini kami akan menguraikan cara memperkuat wireless rumah dan memaksimalkan jangkauan daya wireless pada frekuensi GHz.

Pada pemasangan WiFi kebanyakan perangkat rumah terhubung satu dengan lainnya melalui jaringan nirkabel atau wireless. Termasuk perangkat yang sering kita jumpai dirumah yaitu remote TV, radio remote kontrol dan sambungan internet.

Disetiap rumah yang terpasang nirkabel Wifi jalur frekuensi bebas lisensi Ultra High Frequency (UHF) sub-GHz Short Range Device (SRD) adalah bagian yang terpenting.

Sekarang ini sudah banyak sekali rumah-rumah yang menggunakan SRD dalam jaringan internet. Namun, SRD sendiri masih ada beberapa kekurangan dalam masalah jangkauannya. Berikut beberapa masalah jangkauan yang sering terjadi.

  1. Daya pemancar dan tingkat sensitivitas penerima
  2. Transmisi flat-ground / multi jalur.

Mengenal Jaringan SRD sub-GHz UHF

Untuk mendapatkan frekuensi perangkat radio jarak pendekbisa berupa pemancar radio searah ataupun dua arah. Pada umumnya pita frekuensi yang digunakan pada SRD berada pada kisaran sub-GHz. Misalnya seperti WiFi (900 MHz; 2,4 GHz; 5,9 GHz). Sedangkan untuk jalur bluetooth (2,4 GHz s/d 2,4835 GHz).

Dua perangkat yaitu pemancar dan penerima menjadi hal yang saling melengkapi dan membawa informasi dari tombol sederhana.

Bagian Pemancar (TX)

Berikut ini bagian-bagian pemancar SRD:

  1. Pemancar frekuensi radio
  2. Mikrokontroler
  3. Tombol / sakelar
  4. Baterai.

Bagian Penerima (RX)

Berikut bagian-bagian penerima SRD:

  1. Penerima RF
  2. Block catu daya
  3. Mikrokontroler dengan modul perintah

Kehilangan Pancaran

Disaat kita ingin meningkatkan jarak pancaran SRD, bisa dilakukan perubahan pada bagian pemancar (TX) dan penerima (RX) serta juga menyempurnakan desain pada antena.

Penurunan sinyal bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya:

  1. Sinyal melalui perangkat keras yang rusak.
  2. Saluran jalur langsung terhalang dengan struktur fisik.
  3. Rancangan atau desain antena yang buruk.

Nah itulah beberapa ulasan cara memperkuat wireless rumah dan memahami penyebab permasalahannya. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan refrensi.