Cara Membuat Prakarya dari Sabut Kelapa

0
41
Cara Membuat Prakarya dari Sabut Kelapa

Selamat Datang di artikel saya kali ini akan membagikan tips cara membuat prakarya dari sabut kelapa yang kreatif dan cocok untuk metode belajar anak-anak ,yuk simak sejarah terlebih dahulu.

Sejarah

Sabut adalah bagian dari mesocarp (selimut) yang berupa sabut kelapa kasar. Sabut biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau kering.

Sebagian besar penggunaannya untuk kayu bakar. Secara tradisional, masyarakat mengolah sabut menjadi tali dan ditenun menjadi kesed. Padahal sabut kelapa masih memiliki nilai ekonomi yang baik.

Sabut kelapa bila diurai akan menghasilkan serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cococoir). Namun, produk inti sabut adalah serat sabut dengan menggunakan cocomesh jaring sabut kelapa semua akan menjadi mudah.

Dari produk cocofibre akan dihasilkan berbagai macam produk turunan yang manfaatnya sangat luar biasa. Di beberapa negara termasuk Indonesia, sabut kelapa diolah menjadi pupuk tanaman.

Produk sabut kelapa di Indonesia memiliki kualitas terbaik di dunia. Bahkan, mengandalkan industri otomotif dan manufaktur.

Pada tahun 60-an, dunia mengakui bahwa bagian-bagian komponennya yang menggunakan sabut kelapa memiliki banyak keunggulan.

Keunggulan Dari Sabut Kelapa

Sabut kelapa mengandung sedikit unsur hara sehingga tidak meningkatkan kualitas unsur hara tanah. Pemupukan lebih lanjut atau perubahan kompos diperlukan untuk tanaman pemakan tinggi .

Seperti sayuran dan beberapa bunga, tetapi sebagian besar herba mengembangkan rasa terbaiknya di tanah bernutrisi rendah. Sabut juga bekerja untuk meningkatkan kualitas tanah.

Secara keseluruhan dari waktu ke waktu karena menambahkan bahan organik yang sangat dibutuhkan. Perubahan tahunan menjadi sabut dapat menghasilkan tanah gembur .

Yang merupakan kualitas tanah yang disukai untuk sebagian besar tanaman kebun.Sabut kelapa dapat meningkatkan drainase tanah pada tanaman sambil membantu mempertahankan kelembaban di tanah yang cepat kering.

Karena sabut terurai perlahan, seperti gambut, ia menciptakan kantong udara di tanah yang memungkinkan kelebihan air mengalir dari akar tanaman.

Cocomesh Memiliki Beberapa Kegunaan, Yaitu:

  1. Media penghijauan di lahan bekas tambang
  2. Sangat cocok untuk bekas tambang dan reklamasi pantai
  3. Bahan penguat di tebing
  4. Bahan untuk mencegah erosi
  5. Memperkuat tanah
  6. Bantu perkuat rel kereta api
  7. Memperkuat jalan tebing atau jembatan

Cara Membuat Prakarya dari Sabut Kelapa Menjadi Briket

Ketika mendengar kata briket, mungkin yang pertama terlintas di benak Anda adalah bahan bakar yang umumnya berasal dari batu bara atau tempurung kelapa kini telah hadir cocomesh jaring sabut kelapa.

Di era modern ini, sudah ada briket berbahan dasar sabut kelapa. Briket merupakan salah satu kerajinan berbahan dasar sabut kelapa yang lebih ramah lingkungan dan memiliki biaya produksi yang lebih terjangkau.

Alasan diproduksi menjadi briket karena sabut kelapa memiliki unsur karbon. Berikut langkah-langkah membuatnya.

Bahan :

  • sabut
  • Pati
  • Air

Alat :

  • Drum
  • Saringan
  • Pipa

Proses padat:

  1. Sabut kelapa yang tersedia dibakar di tempat pembakaran dalam bentuk drum.
  2. Sebelum dibakar sebaiknya digiling dengan mesin, agar lebih mudah dibakar.
  3. Drum diberi lubang sebagai tempat keluarnya asap hasil pembakaran.
  4. Alat ini dilengkapi dengan pipa pendingin untuk proses pengembunan asap menjadi asap air.
  5. Bakar sabut kelapa di dalam drum sampai semua bahan gosong lalu didinginkan selama 1 malam.
  6. Kemudian digiling hingga halus dan diayak.
  7. Selanjutnya Proses Cair
  8. Buat perekat cair dari larutan kanji yang dipanaskan.
  9. Kemudian, baik arang sabut kelapa maupun lem kanji dicampur dengan perbandingan 600 cc lem perekat dan 1 kilogram arang sabut kelapa.
  10. Bagian akhir cukuplalah mudah
  11. Cetak di atas adonan sesuai dengan mesin cetak atau dengan pipa paralon
  12. Keringkan selama kurang lebih 1 hari. Briket siap digunakan.

Ada beberapa tahapan cara membuat briket dari sabut kelapa, mulai dari proses padat, proses cair, dan sampai pada bagian terakhir yaitu pencetakan adonan briket.

Briket bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan, hanya dengan limbah sabut kelapa anda bisa membuat briket sabut kelapa.

Terima kasih telah menggunjungi artikel saya tentang cara membuat prakarya dari sabut kelapa, Semoga bisa menambah wawasan anda yha sobat ,Selamat mencoba dan jangan menyerah .