Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah

0
111

Heyy kawan kawan kita bertemu lagi di artikel kali ini, di artikel ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah, nah bagi kalian yang tertarik yuk simak sampai habis.

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah

Jika Anda mencari di internet ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa murni atau VCO. Anda juga perlu tahu bahwa minyak kelapa tidak langsung dibuat.

Ada beberapa metode yang dapat mengahilkan lebih banyak minyak. Bahkan 3 buah kelapa saja kalian sudah dapat menjadikannya menjadi 1 gelas minyak kelapa.

Langkah 1: buang kulitnya

Pegang kelapa dengan kuat (telapak tangan ke atas) dan pukul bagian belakang pisau sampai retak. Agar mudah kalian bisa menggunakan handuk dan di tutupkan ke kelapa.

Ketuk perlahan beberapa bagian kelapa dengan palu atau palu sampai batok kelapanya terbuka. Ambil cangkang yang tersisa dengan hati-hati. Kalian bisa menyimpan air kelapa untuk diminum.

Langkah 2: kelapa parut

Langkah selanjutnya dalam membuat minyak kelapa adalah dengan menggosok kelapa dengan tangan di parutan. Kalian bisa menggunakan blender untuk memarut kelapa agar lebih mudah.

Langkah 3: rendam dan saring

Tambahkan sekitar 1 hingga 3 gelas air ke kelapa kering (cairan ekstra akan membantu memeras santan).

Peras santan dari kelapa kering dengan tangan. Anda juga bisa memerasnya dengan kain tipis. Lalu saringlah santan agar pecahan tidak ada yang bergabung di hasil perasan.

Langkah empat: panas

Selanjutnya, buat minyak kelapa, masukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hangat. Tapi jangan sampai santannya mendidih. Cukup hangatkan dan matikan api. Dan jangan mengaduk campuran.

Langkah kelima: santai

Biarkan santan dingin. Tapi Anda bisa membiarkannya sedikit dingin, sekitar suhu kamar. Kalian bisa taruh di lemari es untuk beberapa saat.

Langkah keenam: skimming

Setelah dingin, Anda akan menemukan bahwa minyak kelapa tergeletak di atas air kelapa. Anda bisa menghilangkan lemak dengan sendok dan menambahkannya ke wajan. Anda bisa memasukkan lemak ini ke dalam panci stainless steel.

Langkah ketujuh: memasak

Aduk perlahan. Biarkan puding kelapa mendidih, lalu kecilkan api menjadi sedang dan didihkan selama sekitar 45 menit (tergantung pada berapa banyak puding yang tersisa).

Penampilan berubah. Anda akan melihat bintik-bintik bening (minyak) dan limbah kental berwarna abu-abu/coklat.

Minyak akan terus terpisah dari limbah yang dimasak. Kalian bisa menggunakan sendok lalu kemudian pisangkan keduanya dengan teliti.

Langkah kedelapan: Saring dan Dinginkan

Saring minyak melalui saringan atau dengan kain tipis. Biarkan hingga benar-benar dingin dan gunakan untuk melembapkan kulit, rambut, atau sebagai eksfoliator.

Berbagai Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Anda

Ada beberapa manfaat berbeda dari minyak kelapa yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

Meredakan peradangan kulit

Beberapa kondisi kulit, seperti psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim, diketahui menyebabkan peradangan pada kulit. Anda tidak perlu khawatir, karena minyak kelapa dapat membantu meringankannya.

Minyak kelapa dikenal karena sifat anti-inflamasinya, sehingga baik untuk mengobati peradangan kulit. Selain itu kandungan antioksidannya juga baik untuk meredam radikal bebas di dalam tubuh.

Tetapi penelitian yang dilakukan selama ini tidak sepenuhnya benar karena sangat terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya, terutama jika Anda berniat menggunakannya sebagai bahan pengobatan, baik dikonsumsi atau dioleskan pada area kulit yang meradang.

Melembabkan kulit

Mempertahankan penyerapan cairan tubuh penting dalam menjaga kulit terhidrasi secara memadai. Untuk membantu kulit kalian, kalian bisa mengoleskan pada bagian kulit tubuh yang sering kering agar tetap lembab.

Ketika kulit tetap terhidrasi, itu dapat menjaga kulit berfungsi sebagai penghalang terhadap invasi bakteri, mempercepat penyembuhan bekas luka, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengobati jerawat

Minyak kelapa dipercaya dapat menyumbat pori-pori kulit. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa justru dapat mencegah penyumbatan pori-pori, sehingga dapat mencegah dan mengobati jerawat.

Senyawa anti inflamasi yang ada pada minyak kelapa dapat membantu melawan peradangan kulit seperti yang sering terjadi yaitu jerawat. Sifat antibakteri yang ada pada lemak kelapa dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa asam lauran dan asam kaprat pada minyak kelapa dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Jadi minyak kelapa bisa digunakan untuk perawatan dan kecantikan kulit

Menjaga kesehatan rambut

Rambut yang sehat adalah rambut dengan kandungan protein yang baik di setiap helainya. Namun, penggunaan kondisioner atau pewarna rambut yang mengandung bahan kimia diketahui dapat menyerang protein tersebut, yang juga dapat merusak rambut.

Namun, penggunaan minyak kelapa pada rambut diketahui bermanfaat untuk melindungi rambut dari kehilangan protein agar rambut tetap sehat dan kuat.

Okeey mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada artikel Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Wajah, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak kelapa sendiri atau ingin memulai usaha bisa menggunakan mesin minyak kelapa, nah pastikan kalian membeli mesin dari produsen terbaik.