Cara Membuat Dedak dari Sekam Padi Mudah Untuk Dicoba

0
100
cara membuat dedak dari sekam padi

Assalamualaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat dedak dari sekam padi. Berikut ini adalah artikel tentang cara memfermentasi sekam untuk pakan ternak, kandungan sekam sebagai bahan pakan ternak, cara membuat dedak dari sekam untuk pakan ternak dan kandungan nutrisi sekam fermentasi.

Cara Fermentasi Sekam Padi Untuk Pakan Ternak

Di dalam sekam terdapat lapisan ke`ras yang terdiri dari dua bagian yang disebut lemma dan palea yang berasosiasi. Di dalam proses penggilingan padi biasaya sekam akan terpisah sendirinya dari biji-bijian dan menjadi limbah atau limbah penggilingan.

Setelah proses penggilingan beras biasanya mencapai sekitar 20-30%, dedak antara 8-12% dan penggilingan antara 50-63,5% data berat awal gabah. Sekam dengan persentase yang tinggi dapat menimbulkan masalah lingkungan, jika tidak digunakan atau tidak digunakan.

Sekam padi berpotensi menjadi bahan pakan ternak karena produksi yang terlalu banyak, pemakaian tidak sesuai dengan kebutuhan manusia, tidak sedikit masyarakat yang tidak memanfaatkan sekam untuk kebutuhan harga yang lebih ekonomis mulai dibuang atau dibakar. jauh, dan kelangsungan ketersediaannya terjamin karena dengan produk utama berupa beras yang merupakan kebutuhan pokok manusia.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin

Kendala dari Sekam Padi Sebagai Bahan Pakan Ternak

Keterbatasannya adalah bahwa sekam merupakan bahan pakan ternak yang rendah nutrisi. Hal ini ditandai dengan kandungan serat kasar yang tinggi, protein dan energi yang rendah. Jika anda menggunkan sekam p`adi untuk pakan tunggal maka akan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan ternak.

Close dan Menke (1986) mengemukakan bahwa kekurangan asam pencernaan dapat menyebabkan antara lain kandungan silika dan lignin yang tinggi serta ikatan lignoselulosa, jika dikonsumsi oleh ternak dapat menyebabkan gangguan pencernaan bahkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan produksi ternak. Untuk mengatasi dan mencegahnya dapat dilakukan dengan cara fermentasi terlebih dahulu.

Bahan pakan ternak yang difermentasi memiliki kadar nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan aslinya. Hal ini disebabkan sifat katabolik mikroorganisme yang dapat memecah komponen kompleks menjadi komponen yang lebih mudah dicerna.

Namun, telah dilaporkan juga bahwa proses fermentasi dalam sekam gandum akan melengkapi struktur kimia dinding sel, menghilangkan ikatan lignoselulosa dan lignin.

Pangestu (1997) menunjukkan bahwa kandungan serat kasar dan karbohidrat dalam bahan pakan fermentasi saya sedikit menurun, dan sebaliknya kandungan protein dan energi meningkat.

Perbedaan Sekam, Dedak dan Bekatul

Padi merupakan salah satu makanan yang tumbuh di Indonesia. Tanaman padi ditanam untuk menghasilkan beras dan digunakan sebagai makanan yang dikonsumsi secara luas. Namun faktanya pengolahan beras menjadi beras menghasilkan limbah bekas berupa sekam. Jika saya menghasilkan banyak beras, maka limbah saya dibuat.

Olahan padi sawah bisa menjadi limbah yang menumpuk jika tidak dimanfaatkan, padahal keberadaannya sangat melimpah. Penggunaan sekam padi perlu dikembangkan menjadi produk atau bahan yang lebih bermanfaat.

Ketika gabah digiling, akan menghasilkan beras sebagai produk utama, dan sekam yang disebut sekam, sebagai produk sampingan. Ketika sekam yang digiling kembali ditumbuk akan menghasilkan dedak dan dedak, hasil penggilingan kasar disebut dedak, sedangkan yang lebih halus disebut bekatul.

Cara Mengolah Sekam Padi Jadi Dedak Halus

Saatnya petani mandiri membuat pakan sendiri. Berikut cara mengolah sekam menjadi dedak yang baik menggunakan mesin giling sekam menjadi bekatul yang akan mempermudah usaha para peternak untuk membuat pakan dedak atau bekatul dari sekam sendiri.

Langkah-langkah Mengolah Sekam Padi Jadi Dedak

  1. Pertama-tama siapkan sekam padi dalam karung.
  2. Setelah itu nyalakan mesin penggiling sekam dan masukkanlah sekam padi secara perlahan-lahan ke dalam torong pemasukkan.
  3. Proses di dalam gilingan yaitu, pisau giling akan memotong-potong sekam dan juga akan menghasilkan dedak dan sekam yang halus.
  4. Kemudian siapkan wadah untuk hasil dari pengolahan dari sekam padi tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Pancake Tanpa Baking Enak dan Gurih

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat dedak dari sekam padi bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)