Cara Membuat Bolang Baling Manis

0
20

Heloo kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah di artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat bolang baling manis kepada kalian, yuk baca sampai selesai.

Bolang baling

Bolang baling merupakan sebuah jajanan yang memiliki rasa yang manis dengan teksure yang empuk. Oleh karena itu, bolang baling merupakan jajanan yang digemari oleh anak-anak sekolah dasar. Sebab, dulu penjual bolang baling di antara pedagang lain pasti sudah ada sebelum sekolah dasar.

Namun dari masa ke masa pedagang bolang baling yang ada di sekolah dasar semakin memudar, sampa pada titik tidak ada pedagang bolang baling yang berjualan di depan SD. Masalah tersebut disebabkan karena kurang gengsinya bolang baling pada jajanan lain seperti mainan, cilok, lumpia, telur mini, dan lain-lain.

Namun Anda masih bisa menemukan penjual bolang baling di pasar atau di pinggir jalan. Namun semuanya berubah ketika ada seorang pedagnag odading (nama Bolang Baling dari Bandung) mempromosikan odadingnya dengan video di media sosial.

Saking eksentriknya, video promosinya viral di dunia maya. Hal ini akan menarik perhatian publik untuk membeli bolang baling. Jadi kita bisa melihat berapa banyak orang yang menjual bolang baling berada di mana-mana.

Bikin bolang baling yang manis dan lembut

cara membuat bolang baling manis

Untuk kalian yang tidak suka jajan diluar, pada kali ini saya akan membagikan sebuah resep dan cara membuat bolang baling.

Bahan:

300 gram tepung terigu
1 bungkus susu bubuk
60 gram gula pasir
1 sendok teh garam
1/2 baking powder
2 sendok makan mentega
1/2 baking powder
1 telur
Potong sesuai selera
1 sendok teh ragi
1 sendok makan minyak
segelas air hangat

Cara Membuat Bolang Baling :

Nyalakan ragi dengan mencampur ragi, minyak dan air hangat dalam mangkuk dan aduk sampai semuanya tercampur rata.
Setelah ragi tercampur rata, diamkan sekitar 5-10 menit sampai ragi berbuih.
Ambil wadah baru dan tambahkan tepung, garam, susu bubuk, soda kue, soda kue, dan gula ke dalam wadah. Kocok adonan hingga halus.
Setelah adonan tercampur rata, tambahkan cairan ragi yang sudah dibuat di atas dan aduk hingga adonan kalis terbentuk.
Setelah adonan tercampur dengan cairan ragi, tambahkan telur ke adonan, aduk hingga rata, disarankan untuk mengaduk dengan tangan karena adonan lebih mudah untuk diaduk.
Setelah telur masuk jangan lupa tambahkan mentega dan aduk hingga terbentuk.
Jika adonan sudah tercampur rata, diamkan adonan dan tutup dengan kain atau plastik, diamkan adonan selama kurang lebih 45 menit – 60 menit, sampai adonan mengembang dua kali lipat.
Setelah adonan kalis, tiriskan adonan dan bentuk sesuai selera. Jika saya beri bentuk bulat, setelah dibentuk, tambahkan remah-remah ke tengah adonan.
Setelah kompos ditambahkan ke adonan, diamkan selama 10 menit.
Masukkan minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan dengan api sedang.
Jika sudah panas/mendidih, masukkan bola-bola ke dalam wajan dan tunggu sampai matang dan bola-bolanya berwarna kuning keemasan.

Kue Bantal Hal Menarik (Odading)

Berikut beberapa hal menarik tentang kue bantal. Berikut adalah beberapa informasi tentang kue bantal.

Asal Usul Nama Odading Cake

Nama kue Odading berasal dari keluarga kolonial Belanda yang tinggal di Indonesia. Saat itu, seorang anak dari ibu kolonial Belanda ingin membeli kue yang dijual oleh penduduk asli Indonesia.

Tanpa mengetahui nama jajanan yang diinginkan anaknya, anak itu hanya menunjuk ke arah penjualnya. Kemudian ibu dan anak itu menoleh ke penjual. Saat ibu membuka tutup makanan penjaja, anak langsung menunjuk jajanan, katanya.

Lalu sang ibu berkata “Oh dat ding” atau “Oh that thing”. Sejak saat itu, kue goreng itu disebut odading karena warga tidak menyebut nama saat itu.

Jajanan Khas Bandung

Odading diketahu sebagai jajanan lokal di bandung. Jajanan ini terbuat dari adonan roti namun melalui proses penggorengan, sehingga tak heran orang menggunakan istilah roti goreng.

Teksure yang lembut dan rasa yang manis dimiliki oleh odading. Dimakan dengan sangat baik dengan kopi atau teh. Roti ini karena memiliki banyak sebutan dari roti bantal dan roti goreng.

Umumnya dijual dengan jajanan cakwe. Tak sedikit yang mengatakan bahwa Odad ini identik dengan Cakwe, hanya saja Odading lebih manis dari Cakwe. Tak heran jika banyak penjual cakwe yang juga menjual Odad. Walaupun begitu adonan yang dimiliki bolang baling beda dengan cakwe.

Kue Odading memiliki banyak nama

Meski berasal dari Bandung, Odading juga dikenal di beberapa bidang lainnya. Oleh sebab itu odading memiliki banyak sebutan di berbagai daerah. Di Bandung misalnya, odading dikenal dengan sebutan roti goreng atau roti bantal.

Istilah roti bolang bale dikenal di Jawa Tengah saat ini. Namun di Jawa Tengah, bakso ini sering ditaburi wijen di bagian luarnya.

Adonan roti goreng yang sama tidak hanya ditemukan di Jawa tetapi juga di Medan. Di Medan, roti goreng dikenal sebagai roti bohong. disebut bohong, karena rotinya tidak ada isinya, sederhana saja.

Okelah kawan kawan sekian yang bisa saya bagikan kepada kalian, nah bagi kalian yang tidak suka nguleni adonan lama bisa menggunakan mesin pengaduk, jika kalian tidak suka bolang baling yang manis kalian bisa mencari resep dan cara membuat bolang baling yang lain.