Cara membersihkan rumah dari kutu kucing, Pecinta Hewan Wajib Tau!

0
20
cara membersihkan rumah dari kutu kucing

Kucing memang peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Sehingga, banyak orang yang memeliharanya di dalam rumah. Namun, terkadang kucing sudah dirawat, tetapi tetap saja masih memiliki kutu dan hal ini tentu sangat mengganggu. Lalu bagaimana cara membersihkan rumah dari kutu kucing?

baca juga: cuci jok mobil Jakarta Barat

Hal yang umum dilakukan adalah membersihkan setiap pagi setiap ruangan yang dilalui oleh kucing. Seperti ruang tamu, dapur, bahkan kamar. Kamu bisa membersihkan setiap ruang tersebut dengan alat penghisap debu sehingga kutu-kutu tersebut terhisap.

Namun, apabila kucing sering masuk ke kamar dan dia sering beraktivitas di kasur, kamu tidak perlu langsung mengusirnya. Kamu dapat menyemprotkan zat kimiawi anti kutu kucing ke seluruh kasur supaya kutu-kutu kucing mati. Cara membasmi kutu kucing di kamar ini dapat dikatakan cukup efektif.

Membersihkan Rumah Dari Kutu Kucing:

1.  Mencuci Setiap Barang Yang Dipakai Kucing

Selain membersihkan ruangan, kamu pun bisa mencuci segala barang-barang yang digunakan oleh kucing, misalnya karpet yang ditiduri kucing, seprei, bahan lap yang sering dijadikan mainan kucing. Hal ini karena barang-barang tersebut sangat rentan terkena kutu.

baca juga: jasa cuci karpet Jakarta Selatan

Bisa saja, ketika kucing sedang tiduran, main, atau melakukan aktivitas lainnya. Kutu kucing menempel pada benda-benda tersebut. Sehingga, sangat dianjurkan untuk mencuci barang-barang tersebut. Kamu bisa mencucinya, ketika pagi hari. Namun, untuk karpet mungkin sebaiknya, kamu tidak menggelar karpet di ruangan yang sering dilalui oleh kucing.

2. Gunakan Beberapa Bahan Untuk Hilangkan Kutu Kucing

Dua cara di atas ternyata belum cukup, apabila kucing masih memiliki kutu dan dinilai tidak efektif, apabila kucing hanya di isolasi saja. Inilah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kucing.

  • Kayu putih
    Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak kayu putih memang sudah banyak diketahui oleh sebagian orang. Namun, bahan ini belum memiliki bukti secara ilmiah mengenai efektif atau tidak dalam membunuh kutu. Hanya saja, aroma kayu putih ini memang tidak disukai oleh kutu kucing.
  • Chamomile
    Kamu dapat mencampurkan nya dengan air hangat lalu dioleskan larutan teh tersebut ke seluruh bagian tubuh. Setelah itu, basuh dengan air dan gunakanlah sabun khusus kucing lalu bersihkanlah kucing dengan air bersih.

  • Lavender
    Lavender tidak hanya untuk membasmi nyamuk, tetapi dapat digunakan untuk membasmi kutu air. Kamu bisa merendam bunga tersebut selama satu malam, lalu semprotkan ke seluruh bagian tubuh kucing.