Cara Buat Coffe Latte

0
10
Cara buat coffe latte

Hayo siapa yang suka dengan coffe latte? Coffe latte ini menjadi minuman favorit anak muda karena rasanya yang enak. Nah, daripada beli dicafe, kalian bisa membuatnya. Yuk simak cara buat coffe latte ini.

Minuman nikmat ini terbuat dari kopi yang dicampur dengan susu dingin, dipadukan dengan bahan campuran lain seperti krim, coklat, es batu dan lain-lain yang sudah tercampur rata.

Kopi yang digunakan adalah kopi espresso, namun jika Anda tidak memiliki mesin kopi, jangan khawatir karena Anda tetap bisa menikmati minuman ala kafe ini dengan kopi instan.

Di masa pandemi kita banyak menghabiskan waktu di rumah karena tidak ada tempat tujuan seperti biasanya, kalian pasti ingin menikmati secangkir kopi ala cafe, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya cukup sederhana dan tidak memakan waktu lama, hasilnya tidak kalah enak dengan di warnet. Berikut ini resep kopi latte ala cafe tanpa menggunakan mesin.

Baca juga : Rekomendasi Minuman Dingin dari Kopi

Cara Buat Coffe Latte

1. Coffe Latte Nikmat

Cara buat Coffee Latte

Bahan-bahan

  • Kopi instan atau espresso sesuai selera
  • Susu cair 170 ml
  • Krim kental 120 ml
  • Gula pasir 2 ½ sendok makan

Cara Membuat Coffe Latte Nikmat

  1. Panaskan susu, lalu tambahkan kopi, aduk hingga larut dan biarkan dingin.
  2. Sementara itu, siapkan mixer lalu tambahkan krim, gula dan es batu, haluskan sampai semuanya tercampur rata.
  3. Kemudian masukkan campuran susu dengan kopi dingin bersama dengan coklat batangan cincang halus ke dalam blender. Aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.
  4. Siapkan cangkir yang biasa digunakan untuk minum kopi dan tuang coffe latte ke dalam cangkir yang diblender dengan sejumput coklat halus. Anda juga bisa menghias tampilan kopi latte dengan berfoto di atasnya.
  5. Dan saatnya menyajikan secangkir kopi latte yang nikmat.
  6. Selesaikan persiapan kopi latte sesuai resep membuat minuman kopi latte yang enak.

2. Kopi Latte Coklat

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan cocoa powder
  • 50 ml air
  • 30 ml simple syrup
  • 100 ml susu cair
  • 1 sachet nescafe
  • 30 ml air
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Kopi Latte Coklat

  1. Pertama, seduh coklat bubuk dengan menggunakan air panas. Kemudian tambahkan simple sirup aduk sampai tercampur rata.
  2. Setelah itu, tambahkan es batu secukupnya. Jika mau menikmati dengan keadaan hangat tidak perlu pake es batu ya.
  3. Lalu tambahkan susu cair di bagian ke dua. Seduh nescafe dengan air panas. Taruh di bagian atas lalu sajikan.

3. Iced Coffe Latte

Cara buat coffe latte

Bahan-bahan

  • Kopi
  • Susu segar
  • Cream
  • Whipped cream (jika suka)
  • Kopi cold brew (optional)

Cara Membuat Iced Coffe Latte

  1. Seduh kopi seperti yang biasa Anda lakukan di rumah. Jika Anda menyukai metode tuangkan, silakan. Biji kopi yang ingin Anda gunakan juga akan sesuai dengan selera Anda lagi. Namun, semakin tinggi rasa manis dari biji kopi yang diseduh, maka hasilnya akan semakin nikmat.
  2. Biarkan kopi dingin dengan sendirinya setelah diseduh. Jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari es dan biarkan suhunya turun ke suhu ruang.
  3. Setelah kopi dingin, tuangkan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam lemari es. Bekukan semalaman dan ubah menjadi es batu kopi.
  4. Setelah kopi berubah menjadi es batu, masukkan ke dalam gelas untuk menambah komposisi selanjutnya.
  5. Jika Anda menyukai kopi yang rasanya sedikit lebih kuat, isi setengah gelas dengan minuman dingin yang sudah diseduh sebelumnya. .
  6. Dalam mangkuk terpisah, tuangkan 1 cangkir susu murni (hangat) dan 2-3 sendok makan krim kental. Aduk rata hingga teksturnya berbusa.
  7. Kemudian tuangkan campuran susu ke dalam gelas yang sudah berisi kopi dan es batu. Es batu langsung meleleh saat terkena cairan susu hangat. Kemudian tambahkan campuran susu sampai penuh atau tergantung selera Anda.
  8. Kemudian tambahkan whipped cream sesuai selera.
  9. Sajikan dengan baik untuk semakin mempermanis tampilan.

Perbedaan Latte dan Cappuccino

Latte dan cappuccino pada dasarnya memiliki komposisi yang sama, tetapi jumlah yang berbeda. Segelas latte dan cappuccino keduanya mengandung espresso, steamed milk, dan foamed milk.

Komposisi cappucino cukup seimbang di setiap bahannya. Sedangkan latte memiliki komposisi steamed milk terbesar. Perbedaan takaran komposisi inilah yang membuat rasa cappuccino dan latte jadi berbeda. Latte memiliki rasa milky atau rasa susu yang lebih kental. Cappuccino memiliki rasa yang lebih pahit daripada latte.

Latte atau cappuccino biasanya disajikan panas. Tapi bisa juga disajikan dengan es batu. Namun, ketika dicampur dengan es, busa pada cappucino menjadi lebih tipis atau hilang. Hal ini juga berlaku untuk latte, sehingga rasa keduanya lebih mirip dengan es krim.

Nah, itulah 3 cara buat coffe latte. Untuk kalian yang punya usaha kopi, kalian bisa menggunakan mesin pembuat kopi, agar lebih efektif dan efisien. Dan untuk mesin lainnya kalian bisa mengunjungi rumahmesin. Selamat mencoba 🙂