Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis Yang Enak dan Gurih

0
9
bumbu udang bakar pedas manis

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bumbu cumi bakar pedas manis yang enak dan gurih.

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang memiliki nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebagian orang menganggap bahwa cumi-cumi berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Mungkin sebagian orang berpendapat demikian, namun kita tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat dihindari jika kita mengonsumsinya dengan cara dikukus, ditumis, atau dipanggang.

Namun sebelum melakukan itu, kita perlu mengetahui dulu sifat-sifat yang terkandung dalam cumi-cumi.

Manfaat Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Baca juga : Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis Yang Enak dan Simple

1. Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Dari berbagai jenis mineral, cumi-cumi juga mengandung nutrisi seperti kalsium, selenium, dan fosfor.Manfaat utama fosfor dalam cumi-cumi adalah untuk membentuk dan memelihara tulang dan gigi yang kuat.

2. Dapat membantu menurunkan kolesterol

Banyak makanan yang memiliki efek samping bagi kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, kandungan lemak jenuh dalam cumi-cumi tergolong rendah.

Ditambah kandungan lemak totalnya hanya sekitar 0,7 gram, bisa dikatakan cumi-cumi mengandung lemak tak jenuh yang dikenal sebagai lemak baik, yakni omega-3 jenuh.

3. Dapat mengatur produksi sel darah merah

Jenis vitamin dalam cumi-cumi antara lain vitamin B6 dan vitamin B12. Khasiat atau manfaat vitamin B12 pada cumi-cumi adalah untuk membantu menjaga fungsi otak dan saraf, serta berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Sedangkan Vitamin B6 memiliki manfaat dalam membantu tubuh menggunakan dan menyimpan energi, protein, dan karbohidrat.

4. Dapat menjaga keseimbangan tekanan darah

Selain mengandung lemak baik, cumi juga membantu menjaga keseimbangan tekanan darah karena kandungan potasiumnya yang tinggi.

Menurut kutipan dari Harvard Health Publishing, potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

1. Sumber protein

Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan yang pertama adalah sumber proteinnya, yang berguna untuk membangun otot. Anda bisa mendapatkan 16 gram protein dalam 100 gram cumi.

Ini telah menutupi hingga 30 persen dari kebutuhan protein harian pria dewasa. Anda bisa membentuk otot yang sehat dengan mengonsumsi cumi secara teratur, namun dengan porsi yang tepat dan tidak terlalu banyak.

Selain itu, protein yang terkandung dalam cumi juga baik untuk program diet. Asupan protein dapat mengontrol nafsu makan seseorang karena protein diproses secara perlahan di dalam tubuh, yang membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Cumi-cumi sangat cocok dijadikan menu diet karena tidak mengandung karbohidrat.

2. Sumber vitamin dan mineral harian

Manfaat cumi untuk kesehatan selanjutnya sebagai penyuplai kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. Setiap 100 gram sotong mengandung setidaknya 10 g vitamin A, 56 g vitamin B6, 1,3 g vitamin B12, 4,7 mg vitamin C dan 1,2 mg vitamin E.

Selain itu, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium per 100 gram cumi. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam perkembangan tubuh.

Jadi, Anda bisa mengonsumsi cumi secara rutin untuk memanfaatkan berbagai manfaat kesehatannya. Namun, pastikan Anda tidak melakukannya terlalu sering atau terlalu sering karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari.

Bahan Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis :

  • Persiapkan 300 gr : cumi basah / sotong.
  • Persiapkan secukupnya : lada bubuk.
  • Dibutuhkan secukupnya : kecap manis.
  • Persiapkan secukupnya : garam.
  • Siapkan 2 sdm : mentega.
  • Persiapkan : Bumbu Halus.
  • Dibutuhkan 5 bh : cabe merah.
  • Dibutuhkan 2 bh : cabe rawit.
  • Siapkan 2 siung : bawang putih.
  • Menyiapkan 2 siung : bawang merah.

Cara Membuat Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis :

  1. Cuci cumi-cumi dan bersihkan tintanya, panaskan air untuk merebus cumi sekitar 15 menit, kemudian tiriskan cumi yang sudah di rebus..
  2. Marinasi cumi selama 5 menit dengan bumbu yang sudah di haluskan. Tambahkan kecap manis, lada bubuk, garam secukupnya..
  3. Siapkan teflon, masukkan 2 sdm mentega, nyalakan kompor dengan api sedang, panggang cumi yang sudah di marinasi dengan bumbu, sambil di oleskan bumbu lagi, panggang hingga matang.
  4. Bila sudah matang, sajikan cumi bakar pedas manis.

Nah itulah cara membuat Bumbu cumi bakar pedas manis yang enak dan gurih,bahan=bahanya juga mudah didapatkan sekian dari saya selamat mencoba.