Bumbu Bistik Daging Sapi Giling

0
41

Haloo semuanya pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang bumbu bistik daging sapi giling, nah bagi kalian yang ingin membuatnya tapi tidak tau cara membuatnya disini saya akan membagikan resepnya. Yuk simak sampai selesai.

Steak daging sapi

Hidangan daging memiliki rasa yang sangat lezat. Salah satunya adalah beef steak, hidangan steak khas Indonesia. Hidangan ini rupanya masuk ke Tanah Air pada masa penjajahan.

Bistik atau steak awalnya dimakan oleh kaum bangsawan atau penguasa kolonial. Namun seiring berjalannya waktu, rasa steak ini juga menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Hmm rasanya yang enak, gurih dan manis adalah hal pertama yang terlintas di pikiran ketika mencoba hidangan ini. Karena beef steak ini diolah dengan bumbu yang berbeda sehingga menyatu dengan daging yang gurih. Daging sapi tidak hanya enak, tetapi juga mengandung protein dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba memasaknya agar dagingnya terasa empuk, daging sapinya dimasak terlebih dahulu. Kemudian dagingnya dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cengkeh, pala, merica dan masih banyak lagi. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa makanan ini sangat menggoda.

Steak daging sapi.

Bahan:

  • 500 gram daging sapi
  • 500 ml air untuk merebus daging
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 2 sendok makan saus tomat/cabai
  • 1/2 bawang bombay cincang halus

Bumbu halus:

  • 10 bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • Gula sesuka hati
  • garam secukupnya

Cara Membuatnya :

  1. Masak daging yang dimasak cukup empuk. Pisahkan kaldu dari daging, lalu potong daging sesuai selera kalian.
  2. Tumis bawang bombay, lalu masukkan bumbu halus. Rebus hingga matang.
  3. Kemudian masukkan potongan daging dan aduk. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus tomat, aduk rata.
  4. Masukan kaldu lalu masaklah hingga airnya mengental. Tes rasa dan sajikan.

Akibat Memakan Daging Sapi Berlebihan

bumbu bistik daging sapi giling

Bau mulut

Tubuh yang banyak makan daging juga berarti kelebihan protein. Kondisi ini mengacu pada keadaan ketosis di mana tubuh membakar lemak untuk energi.

Ini memiliki potensi untuk menurunkan berat badan secara perlahan, tetapi itu buruk untuk bau mulut Anda. Karena tubuh membakar terlalu banyak lemak, ia menghasilkan bahan kimia yang disebut keton.

Keton inilah yang membuat napas Anda berbau tidak sedap. Bahkan jika Anda menyikat gigi atau berkumur dengan cairan mulut untuk mencium bau harum, bau mulut akan sulit hilang jika Anda masih menikmati makan daging dalam jumlah banyak.

Mood mudah naik turun

Tubuh dan otak sebenarnya membutuhkan asupan karbohidrat dari tepung dan gula. Asupan karbohidrat ini diperlukan untuk merangsang produksi hormon serotonin, yang mengatur suasana hati Anda.

Nah, bagi Anda yang menyukai makanan olahan seperti daging dalam kesehariannya, dikhawatirkan asupan karbohidrat Anda akan turun dan mood (mood) Anda akan menjadi tidak stabil setiap harinya.

Pencernaan menjadi tidak sehat

Daging apapun, baik ayam, sapi atau kambing, enak dan bagus untuk membuat otot-otot tubuh lebih besar. Sayangnya, daging tidak mengandung cukup serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Artinya, jika Anda banyak mengonsumsi protein hewani, Anda juga akan kehilangan serat harian.

Kurangnya serat diketahui menyebabkan masalah pencernaan yang serius. Contoh efek dari makan daging secara berlebihan dapat berupa gas, sembelit (sembelit), dan bahkan tinja berdarah.

Mudah untuk menambah berat badan dan rentan terhadap kanker

Faktanya, untuk 7.000 orang dewasa di Amerika Serikat, makan lebih dari 250 gram daging per hari meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan hingga 90%.

Jika Anda makan banyak daging, Anda akan dengan mudah menurunkan berat badan dalam waktu singkat karena protein. Namun, hal ini justru akan memudahkan Anda untuk menambah berat badan kembali.

Okee semuanya sekian dari artikel bumbu bistik daging sapi giling, nah bagi kalian yang ingin membuat bistik tapi ingin memudahkan mengolahnya, kalian bisa menggunakan mesin giling daging, nah gunakan mesin yang berkualitas dan baik.